Berita Pangkalpinang

Dosen Fisip UBB Ini Sebut Orang Gila Terlantar Perlunya Pendataan dan Tanggungjawab Bersama

Memang mereka umumnya tidak mengganggu, namun justru dikhawatirkan menimbulkan kepanikan dan bisa juga berujung

Dosen Fisip UBB Ini Sebut Orang Gila Terlantar Perlunya Pendataan dan Tanggungjawab Bersama
Istimewa/Ibrahim
Ibrahim, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), UBB.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bangka Belitung, Ibrahim menanggapi perihal Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terlantar di kota Pangkalpinang dan sekitarnya itu menjadi tanggung jawab bersama.

"Warga dengan keterbelakangan mental yang seringkali muncul di ruang-ruang publik mestinya harus direspon secara arif. Tanggung jawab pemerintah adalah melakukan pendataan dan menyediakan fasilitas yang layak," ungkap Ibrahim saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (22/2/2020).

Menurutnya, dinas yang berwenang harusnya pro aktif untuk berkomunikasi dengan pihak keluarganya.

Memang mereka umumnya tidak mengganggu, namun justru dikhawatirkan menimbulkan kepanikan dan bisa juga berujung pada kecelakaan yang mengorbankan mereka.

"Pendataan menurut saya penting agar diagnosis masalah menjadi lebih jelas. Dibutuhkan program fasilitasi dan pendampingan sosial, bukan hanya pada mereka namun juga keluarga mereka. Pemerintah daerah harus menjangkau ruang-ruang yang lebih privat untuk mengentaskan persoalan ini," saran Ibrahim.

Lebih lanjut ia sampaikan di luar itu, penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa faktor keterbelakangan mental adalah sesuatu yang 'given', tak pantas untuk jadi bahan olokan dan gunjingan.

"Mereka adalah saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Perhatian bersama tentu dibutuhkan. Saya membayangkan perlu digalang dukungan sukarelawan untuk memperluas gerakan tanggung jawab bersama. Komunitas-komunitas volunter menurut saya harus didorong untuk bersinergi dalam optimalisasi pengentasan kondisi ini,"tutupnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved