Berita Pangkalpinang

Jatanras Polda Bangka Belitung Bekuk Tiga Pelaku Pencurian, ABG Curi Motor di Masjid

Tiga pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan dibekuk oleh Tim Opsnal Subdit Jatanras Dit Krimum Polda

Jatanras Polda Bangka Belitung Bekuk Tiga Pelaku Pencurian, ABG Curi Motor di Masjid
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Tiga tersangka pencurian yang dibekuk tim Opsnal Subdit Jatanras Dit Krimum Polda Kepulauan saat jumpa pers Rabu (22/1/2020).

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tiga pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan dibekuk oleh Tim Opsnal Subdit Jatanras Dit Krimum Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Ketiga pelaku dengan kasus dan modus berbeda dalam melaksanakan aksinya. Antara lain Reval Andrean spesialis jambret (32) warga Kampung Keramat Pangkalpinang dengan BB satu HP dan dua motor hasil aksinya.

Kemudian Dedi alias Boy (44) warga Gabek Pangkalpinang BB 1 mesin tempel kapal, 1 unit mesin pencuci kendaraan serta 1 unit mobil rental. Terakhir RA (16) warga Air Anyir Merawang yang masih dibawah umur dengan BB 1 unit motor hasil curian.

"Alhamdulillah tiga tersangka pencurian berhasil kita bekuk kasusnya berbeda baik TKP maupun modusnya," kata Kasubdit Jatanras AKBP Wahyudi mewakili Dirkrimum Kombes Pol Budi Hermawan Rabu (22/1/2020) saat jumpa pers yang juga dihadiri oleh Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Maladi

AKBP Wahyudi menjelaskan bahwa untuk tersangka Reval adalah target operasi Jatanras dan DPO Kejaksaan. Pasalnya Reval tahun 2017 melarikan diri usai menjalani sidang vonis di pengadilan.

Reval berhasil kabur saat tiba di LP Tuatunu yang merupakan tanggung jawab pihak kejaksaan.

Reval terpaksa dilumpuhkan karena berusaha kabur dan melawan petugas saat dilakukan pengembangan. Walaupun dalam pencarian petugas Reval terus melakukan aksi pencurian dan penjambretan yang meresahkan.

"Usai kabur didepan LP Tuatunu usai menjalani sidang vonis Reval masih terus melakukan pencurian kita dapat info keberadaannya langsung dilakukan penggrebekan namun saat kita lakukan pengembangan tersangka berusaha kabur dan melawan sehinga kita ambil tindakan tegas terukur,"  ungkap Wahyudi.

Untuk tersangka Dedi alias Boy tersangka menjalankan aksinya dengan modus merental mobil dan mencari sasaran. Boy terakhir beraksi mencuri mesin tempel kapal di kawasan Pantai Arung Dalam Koba Kabupaten Bangka Tengah. Selain itu sebelumnya Dedi juga berhasil menyikat mesin cuci kendaraan.

"Tersangka beraksi seorang diri kemudian memantau sasaran menggunakan mobil rental jika aman baru beraksi tersangka kita bekuk dikediamannya saat tidur dalam kamar," kata Wahyudi.

ABG Curi Motor di Masjid

Sementara untuk tersangka RA proses penyidikan akan diperlakukan khusus karena masih dibawah umur sesuai undang undang. Aksi RA sudah meresahkan karena sudah sering melakukan pencurian.

Bahkan dikampungnya di Air Anyir Merawang sudah beberapakali ditangkap warga saat dipergoki mencuri. Namun didamaikan karena masih anak-anak. Namun aksinya berkembang kali ini ia mencari sasaran motor di masjid di Pangkalpinang.

"Modusnya tersangka mendatangi masjid saat salat kemudian mengambil kunci motor yang biasanya diletakan begitu saja didekat korban yang salat lalu bawa kabur motor," kata Wahyudi. (Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved