Berita Sungailiat

Kapal Penarik Terjepit di Sela Batu, Tongkang Karam di Perairan Tuing Kabupaten Bangka.

Sebuah kapal jenis tugboat terjepit di sela batu. Begitu pula tongkang yang ditariknya terjebak di Perairan Tuing Kecamatan Riausilip Bangka.

Kapal Penarik Terjepit di Sela Batu, Tongkang Karam di Perairan Tuing Kabupaten Bangka.
IST/Rahman
Tampak lokasi, suasana dan koordinat terdamparnya tugboat dan tongkang di Perairan Tuing Kecamatan Riausilip Bangka, Rabu (22/1/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Sebuah kapal jenis tugboat terjepit di sela batu. Begitu pula tongkang yang ditariknya terjebak di Perairan Tuing Kecamatan Riausilip Bangka.

Hingga Rabu (22/1/2020), belum diketahui penyebab karamnya kapal dan tongkang ini.

Nelayan Sungailiat yang juga Bendahara Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bangka sempat melihat tugboat dan tongkang ini.

Saat itu Rahman mengunakan kapal kayu kebetulan melintas dari Tanjung Niang menuju Perairan Sungailiat Bangka. Namun di tengah perjalan, ia melihat hal mencurigakan.

Rahman pun putar haluan ingin tahu. Kapal kayunya berusaha mendekati tugboat dan tongkang.

Beberapa kali Rahman berputar-putar seraya berteriak ke arah tugboat dan tongkang untuk memastikan siapa awak kapal (ABK) dan nahkoda di kapal naas tadi.

Namun teriakan Rahman tak terbalas. Tak satu pun orang keluar dari dalam tugboat atau tongkang yang dimaksud.

Tak mau ambil risiko, Rahman dan sejumlah rekannya tancap gas.  Kapal kayu merdeka melanjutkan perjalanan pulang menuju Perairan Sungailiat.

Kabar tak sedap kemudian ia laporkan kepada Ketua HNSI Bangka, Ridwan. Ridwan lah yang kemudian menyebar informasi kepada beberapa pihak, termasuk kepada polisi perairan guna menyelediki apa yang terjadi.

"Kondisi kapal tongkang terjepit di sela batu, begitu pula tongkangnya. Tak ada satu pun orang terlihat di tugboat dan tongkang itu. Belum diketahui apa penyebabnya," kata Ketua HNSI Bangka, Ridwan kepada Bangka Pos, Rabu (22/1/2020).

Ridwan menduga, tugboat itu menarik tongkang berisi muatan ternak. Sebab di atas tongkang menurut informasi, terlihat beberapa bentuk rumah-rumahan atau atap pelindung. Namun secara pasti, ia tak berani memastikan.

"Informasinya nama tugboat tongkang itu, Kernia 19 Tongkang Putra Bahari," kata Ridwan menyampaikan informasi awal.

(bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved