Berita Pangkalpinang

Masih Banyak Penyandang Gangguan Disabilitas Mental Berkeliaran, Dinsos Babel Lakukan Upaya Ini

Keberadaan orang dengan keterbelakangan mental kerap terlihat di Kota Pangkalpinang dan beberapa daerah lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Masih Banyak Penyandang Gangguan Disabilitas Mental Berkeliaran, Dinsos Babel Lakukan Upaya Ini
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kantor Dinas Sosial Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Keberadaan orang dengan keterbelakangan mental kerap terlihat di Kota Pangkalpinang dan beberapa daerah lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mereka biasanya berjalan-jalan dan menetap di suatu tempat dengan penampilan yang memprihatinkan.

Tak jarang mereka meminta makan dan mengganggu warga yang sedang berjalan.

Kondisi tersebut, membuat orang gila atau penderita disabilitas mental seakan tak mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Babel, M Nasir, mengatakan, dinsos memiliki tempat penampungan orang dengan penyandang disabilitas mental di Belitung Timur.

Sementara untuk penampung orang yang berada di belakang kantor Polda Babel merupakan penampung anak bermasalah dengan hukum saja.

"Itu bukan penampung untuk orang gila atau gangguan disabilitas mental, tetapi untuk anak bermasalahan dengan hukum, artinya tempat itu terus beroperasi saat ini, tetapi bukan untuk orang gila penyandang disabilitas mental," ungkap Nasir kepada Bangkapos.com, Rabu (22/1/2020).

Ia menambahkan kedepan, penampungan tersebut mungkin akan digunakan sebagai penampung penyandang disabilitas mental, mengingat Kota Pangkalpinang menjadi pusat kota.

"Ke depan dipersiapkan untuk itu, setelah mereka pulang direhap di rumah sakit jiwa, namun kita dari dinas sosial terus mendampingi, memberikan makanan, obat, selain itu yang perlu, kami mencari identitas dan keluarga mereka apabila ditemukan terlantar,"ungkapnya.

Ia menjelaskan selama ini dinas Sosial pro aktif dalam menangani kasus gangguan disabilitas mental.

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved