Berita Pangkalpinang

Potret Sudut Kota Pangkalpinang: ODGJ juga Manusia, Keluarga Berharap Ada Perhatian Pemerintah

Orang-orang sekitar menyapanya dengan panggilan Butun. Saat ditemui Bangkapos.com dia, mengenakan baju kaos putih yang sudah kumal, dekil

Potret Sudut Kota Pangkalpinang: ODGJ juga Manusia, Keluarga Berharap Ada Perhatian Pemerintah
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Butun 

Potret Sudut Kota Pangkalpinang: ODGJ juga Manusia, Kelurga Berharap Ada Perhatian Pemerintah

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Entah apa yang dia pikirkan, dengan khayalannya sendiri, dia tersenyum lepas, kadang senyumannya kecut, pandangannya nanar kosong sambil sesekali memainkan karet gelang yang melingkari di kedua pergelangan tangan.

Orang-orang sekitar menyapanya dengan panggilan Butun. Saat ditemui Bangkapos.com dia, mengenakan baju kaos putih yang sudah kumal, dekil dan warnanya pun lebih dominan kecoklatan.

Butun asyik dengan dunianya sendiri, tidak memperdulikan orang yang membicarakan tentang dirinya.

Saat bangkapos.com bertemu butun di Kawasan Kacang Pedang Pangkalpinang, Butun sedang menyantap nasi bungkus pemberian dari orang, saat diberikan air minum mineral kemasan, dia hanya memandang dan memperlihatkan senyumnya.

"Heeeee...hooo," kata Butun kepada Bangkapos.com saat menemuinya, Rabu (22/02/20) Siang, di Kawasan Jalan Moh. Toyib, Kacang Pedang, Pangkalpinang.

Butun merupakan satu diantara potret Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kota Pangkalpinang.

Berdasarkan keterangan Ropiah (64), kerabat dekat Butun yang biasa mengurus kesehariannya.  Gangguan kejiwaan Butun saat bapaknya meninggal akibat mengalami kecelakaan pada tahun 1995 lalu.

Sejak itu kejiwaannya mulai terganggu. "Dia sudah lama sering jalan-jalan. Pernah kami diamkan dalam kamar, dia bisa keluar sendiri," kata Ropiah saat ditemui oleh Bangkapos.com di rumahnya Kawasan Kacang Pedang, Pangkalpinang.

Biasanya Butun sering berjalan sekitar Kawasan Jalan. Moh. Toyib, Jalan Baru, sampai kawasan Kampung Katak Pangkalpinang.

Halaman
12
Penulis: Suhardi Wiranata
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved