Breaking News:

Imlek 2020

Sambut Hari Raya Imlek 2020, Ratusan Lampion Cantik Tergantung di Desa Trubus Bangka Tengah

Kemeriahan hari raya Imlek mulai terlihat di Desa Trubus Kacamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

bangkapos.com/Muhammad Rizki
Lampion menyambut hari raya Imlek 2020 di Desa Trubus, Kabupaten Bateng. Rabu (22/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kemeriahan hari raya Imlek mulai terlihat di Desa Trubus Kacamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Terpantau Rabu (22/1/2020) ratusan lampion cantik berwarna merah terang tergantung rapi di langit-langit Desa Trubus.

Terlihat juga beberapa masyarakat yang mulai membersihkan halaman rumah, memasang lampion, dan membuat beragam kue serta makanan.

Menurut Kepala Desa Trubus Ngiat hiung 80 persen masyarakat Desa Trubus beragama Kong Hu Chu, sehingga mayoritas masyarakat Desa Trubus mereka merayakan hari raya Imlek.

Satu minggu sebelum perayaan hari raya imlek, adat masyarakat Desa Trubus berkumpul bersama lalu membersihkan halaman rumah, menghias rumah dengan lampu lampion dan membuat beragam kue serta makanan.

Ia menambahkan guna memeriahkan perayaan hari raya imlek setiap tahun, dirinya sebagai Kades Trubus telah melaksanakan pengadaan 500 unit lampu lampion untuk menghiasi sepanjang jalan Desa Trubus.

"Pengadaan lampu lampion dan pelaksanaan pasar sembako murah kemarin merupakan bentuk perhatian kami bersama Bupati Bateng Ibnu saleh, kepada masyarakat beragama kong hu chu di Desa Trubus agar perayaan hari raya Imlek berjalan lancar dan meriah," ujar Ngiat Hiung, Rabu (22/1)

Lebih lanjut ia menjelaskan biasanya sebelum perayaan hari raya Imlek tanggal 25 januari 2020, malam tanggal 24 januari 2020 masyarakat Desa Trubus akan melaksanakan Ibadah sembahyang di Kelenteng hingga pukul 24.00 Wib.

"Nanti yang memimpin do'a saya sendiri selaku Rohaniawan masyarakat Kong Hu Chu Desa Trubus,"ujarnya.

Selanjutnya pada 25 Januari 2020 hingga satu minggu ke depan, masyarakat Desa Trubus akan menyambut tamu yang berkunjung ke rumah mereka.

Untuk merayaan hari raya Imlek ini,  menurutnya juga sebagai hari persaudaraan antar umat.

"Selama satu minggu terhitung dari tanggal 25 januari 2020, biasanya para tamu hadir mengucapkan selamat hari raya Imlek. Selain warga Trubus, warga sekitar yang beragama islam, kristen, budha dan hindu biasanya juga datang bersilaturahmi," jelasnya

Ia juga mengajak warga se Bateng yang ingin bertamu ke Desa Trubus silakan datang, warganya terbuka kepada siapa saja yang ingin bertamu di perayaan hari raya Imlek tahun 2020 ini.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis:
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved