Breaking News:

SUSAH Hamil Gara-gara Hormon Tak Seimbang, Benarkah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Benarkah hormon tak seimbang bisa perlambat seorang wanita untuk hamil? Coba baca penjelasannya di sini

Editor: Edi Yusmanto
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - 

 Menunggu dua garis biru muncul di alat tes kehamilan memang bisa membuat frustasi, apalagi jika sudah berbulan-bulan garis itu tak juga terlihat.

Gangguan kesuburan memang pengalaman yang membuat emosi seperti roller coaster. Tetapi, terkadang solusi dari masalah ini lebih sederhana dari yang kita pikir.

Salah satu faktor yang berpengaruh pada kehamilan adalah hormon tidak seimbang. Namun, tak banyak wanita yang menyadari ada masalah hormon dalam dirinya.

Hormon-hormon tertentu dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga siklus haid teratur dan memproduksi sel telur yang sehat. Dengan demikian sel telur akan siap dibuahi.

Jika Anda dan pasangan dalam kondisi sehat tetapi sudah beberapa bulan mencoba hamil tak berhasil juga, mungkin ini saatnya melakukan pemeriksaan hormonal.

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan beberapa gejala, misalnya siklus haid tidak teratur, PMS, jerawatan, ingin mengonsumsi makanan tertentu, biasanya yang manis-manis, dan sebagainya.

Menurut dr.Emily Jungheim, ahli endrokin dan reproduksi, gangguan hormonal bukan salah kita.

"Memang ada gaya hidup yang berpengaruh pada hormon, tapi pengaruhnya kecil. Salah satu yang pengaruhnya besar adalah obesitas. Melakukan olahraga berat sehingga kadar lemak tubuh berkurang juga akan berpengaruh pada siklus haid dan ovulasi," katanya.

Kondisi medis tertentu, seperti gangguan tiroid dan kelenjar adrenal juga akan memengaruhi keseimbangan hormon.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved