Berita Sungailiat

Becak Babel Ajarkan Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Kelola Sampah

Ketua Umum Becak Babel Arinda Unigraha mengatakan kegiatan lokakarya ini diikuti 170 peserta terdiri dari 16 sekolah dan 4 kampus perguruan tinggi.

Becak Babel Ajarkan Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Kelola Sampah
bangkapos.com / Edwardi
Komunitas Bangka Enviromental Creative Activist of Kawa (Becak) Bangka Belitung (Babel) bersama anggota DPRD Babel Dapil Kabupaten Bangka Ranto Sendhu melaksanakan Lokakarya Inspiratif Penanganan dan Pengelolaan Sampah bagi pelajar dan mahasiswa di Gedung Wanita Sungailiat, Kamis (23/01/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komunitas Bangka Enviromental Creative Activist of Kawa (Becak) Bangka Belitung (Babel) bersama anggota DPRD Babel dapil Kabupaten Bangka Ranto Sendhu melaksanakan Lokakarya Inspiratif Penanganan dan Pengelolaan Sampah bagi pelajar dan mahasiswa di Gedung Wanita Sungailiat, Kamis (23/01/2020).

Ketua Umum Becak Babel Arinda Unigraha mengatakan kegiatan lokakarya ini diikuti 170 peserta terdiri dari 16 sekolah dan 4 kampus perguruan tinggi.

"Sekolah dan kampus yang kita undang ini diharapkan nanti membentuk ekstrakurikuler mengenai penanganan dan pengelolaan sampah ini," kata Arinda yang sudah mendirikan komunitas Becak Babel sejak tahun 2016.

Ditambahkannya, pada pertengahan tahun nanti akan dilaksanakan kegiatan pemberian reward kepada sekolah terbaik yang mampu mengolah sampah di sekolahnya.

"Hari ini kita ajarkan cara mengolah sampah di sekolah ya dan bagaimana agar spah ini memiliki nilai ekonomis, contohnya sampah plastik dari kantin sekolah kita cacah lalu didaur ulang sederhana dan hasilnya bisa ditampung Komunitas Bedak Babel yang akan membeli ya," tukas Arinda yang bermarkas di Perumahan Taman Pesona Bangka (belakang Pasar Bertuah).

Sementara anggota DPRD Babel Ranto Sendhu mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan para anak muda yang tergabung dalam Komunitas Becak Babel ini.

"Kita salut bagaimana mereka bisa mengolah sampah sehingga memiliki nilai guna dan bermanfaat, saya sangat mendukung anak-anak muda ini dalam berkreasi dan menciptakan peluang bisnis ke depannya," kata Ranto, anggota Komisi IV DPRD Babel dari Partai Demokrat

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini mengajarkan para anak muda agar mengolah sampah sehingga bernilai ekonomis, sehingga ke depan mereka mampu mandiri dan tidak meminta uang jajan lagi kepada orangtuanya

"Kegiatan ini perlu disupport supaya berhasil karena itu kita juga perlu mendapatkan dukungan dari pihak lainnya, seperti swasta, Pemprov Babel, Pemkab Bangka dan lainnya bagaimana sampah ini bisa diolah sehingga berdaya guna dan bermanfaat," tukas Ranto yang sedang menjalani masa reses selaku anggota DPRD Babel. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved