Otomotif

Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah, Modalnya Rp 300 Juta, Hasilnya Menakjubkan

Toyota Hiace menjadi salah satu model yang bisa dibuat menjadi recreational vehicle (RV) atau mobil rumah.

Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah, Modalnya Rp 300 Juta, Hasilnya Menakjubkan
(Kompas.com/Fathan Radityasani)
eksterior hiace motor home 

BANGKAPOS.COM – Toyota Hiace menjadi salah satu model yang bisa dibuat menjadi recreational vehicle (RV) atau mobil rumah. Siapkan dana sebesar Rp300 juta rupiah, dan belum termasuk harga mobil.

Karoseri PT Bahana Selaras (Baze) punya contih Hiace yang sudah diubah menjadi layaknya campervan minimalis. Bagian kabin belakang disulap seperti kamar, plus sofa dan dilengkapi dengan dapur.

Nadim, Sales Marketing dari karoseri PT Bahana Selaras (Baze) di Bogor mengatakan,  ubahan yang dilakukan pada interior dilakukan untuk memenuhi kebutuhan selayaknya mobil RV. Sedangkan pada bagian eksterior tidak begitu banyak yang diubah.

“Bagian eksterior masih standar, hanya untuk kebutuhan piknik, ditambah kanopi pada bagian samping kiri mobil. Pada bagian atas atap juga dipasang AC tambahan dan penambahan soket listrik pada bagian bemper belakang untuk tambahan sumber kelistrikan mobil ini,” kata Nadim kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

interior motor home baze karoseriKompas.com/Fathan Radityasani interior motor home baze karoseri

Bagian interior mobil ini yang banyak dirombak. Kursi penumpang Hiace yang awalnya untuk 13 orang, diganti menjadi kursi lipat yang hanya muat untuk empat orang dan bisa diputar, dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik.

Di tengah kabin belakang dipasang meja lipat. Bagian dalamnya juga dibuat dapur kecil dengan westafel dan lemari pendingin.

“Pada bagian interior juga dipasang kursi lipat yang jika diatur bisa jadi tempat duduk yang berhadapan dan bisa juga dijadikan kasur. Terdapat kursi tambahan yang menghadap samping, namun tidak disarankan untuk diduduki ketika mobil berjalan karena tidak dilengkapi sabuk pengaman,” ucap Nadim.

Terdapat juga lemari penyimpanan tertutup yang dipasang di bagian atas langit-langit mobil. Untuk bagian kelistrikan, sumber listrik ditambah tidak hanya dari aki, ditambah dari genset dengan besar 200 Kilovolt Ampere (kVA) dan soket listrik pada eksterior mobil.

“Untuk sistem audio menggunakan head unit ditambah televisi 15 inci pada bagian tengah kabin. AC juga ditambah yang eksternal dengan pemanas. Bagian interior juga ditambahi tirai di semua jendelanya. Bagian karpet juga tidak lupa untuk diganti dengan yang lebih empuk,” jelas Nadim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah, Modalnya Rp 300 Juta"

 
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved