Berita Pangkalpinang

KKP Telah Tanggapi Raperda RZWP3K, Ketua Pojka Sebut Semua Telah Diperbaiki dan Dokumen Telah Final

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberi saran dan tanggapan terhadap Dokumen Final Rencana Zonasi Wilayah dan Pulau-pulau Kecil

KKP Telah Tanggapi Raperda RZWP3K, Ketua Pojka Sebut Semua Telah Diperbaiki dan Dokumen Telah Final
Bangkapos.com/Dedi Q
Ketua Pokja RZWP3K Kepulauan Bangka Belitung Dasminto 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberi saran dan tanggapan terhadap Dokumen Final Rencana Zonasi Wilayah dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K), tertanggal 13 Januari 2020.

Ada delapan poin yang disampaikan Menteri Edhy, terkait draf Raperda RZWP3K yang dibahas pada 5 Desember 2019 lalu.

Beberapa poin di antaranya adalah untuk lokasi yang memiliki ekosistem baik agar perairan diprioritaskan untuk konservasi, pariwisata dan atau perikanan ramah lingkungan dan pemanfaatan kawasan konservasi sesuai undang-undang.

Alokasi ruang untuk wilayah perairan laut sampai 2 mil diutamakan untuk kawasan konservasi, ruang penghidupan dan akses nelayan kecil, nelayan tradisional, pembudidaya ikan kecil, petambak garam kecil, wisata bahari berkelanjutan, dan infrastruktur publik.

Terkait, persoalan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung, Dasminto, mengatakan bahwa semua general terkait itu telah diinformasikan dan telah menjadi pertimbangan.

"Semua general perlu saya informasikan bahwa arahan-arahan tersebut menjadi bahan pertimbangan dari sejak awal dalam penyusunan RZWP3K Provinsi Kepulauan Babel, sebelum saya menjadi Kepala DKP Provinsi Kepulauan Babel," jelas Dasminto kepada Bangkapos.com, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, terkait perbaikan yang diarahkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah semua tim pokja lakukan.

"Saat ini perbaikan-perbaikan yang diarahkan oleh Kementrian Kelautan Perikanan sudah semuanya kami (Pokja) lakukan dan selalu dikirim dan dikomunikasikan ke KKP Jakarta,"kata Dasminto yang juga ketua Pokja pembentukan Raperda RZWP3K ini.

Ia menambahkan perbaikan dokumen sudah final dan telah dikirimkan ke KKP oleh tim pokja.

"Perbaikan terakhir untuk dokumen final RZWP3K sudah kami kirimkan ke KKP pada tanggal 14 Januari 2020," kata Dasminto. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved