Breaking News:

Imlek 2020

Makna dan Filosofi dari Tradisi Saat Perayaan Imlek di Indonesia

Mengenai tradisi saat perayaan Imlek yang dilansir di wikipedia di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek

Bangkapos.com
Imlek 2020 

BANGKAPOS.COM-Tahun Baru China atau Imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa yang tersebar di berbagai belahan dunia untuk merayakan kemeriahannya, termasuk di Indonesia.

Mengenai tradisi saat perayaan Imlek yang dilansir di wikipedia di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek sangat beragam.

Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam tahun baru, serta penyulutan kembang api.

Kemudian menjelang Imlek, ada berbagai tradisi yang dilakukan oleh orang Tionghoa untuk merayakan tahun baru. Tradisi perayaan Imlek biasa dilakukan beberapa hari sebelum Hari Imlek, yang kebetulan jatuh pada hari Sabtu, (25/1/2020).

Tahun Baru China atau Imlek memiliki tradisi yang dilakukan turun temurun. Uniknya, tidak semua daerah di dunia atau bahkan di Indonesia memiliki tradisi Imlek yang sama.

Masyarakat Tionghoa yang lama bermukim di suatu tempat, menyerap budaya setempat dengan tradisi di China, sehingga melahirkan tradisi baru.

Berbagai dekorasi Imlek yang berwarna mencolok hingga sajian makanan khas Imlek membuat tradisi tahun baru Imlek semakin berkesan.

Berbicara soal tradisi saat perayaan Imlek Bangkapos.com merangkum dari sumber Kompas.com tentang makna filosofis dari berabagai tradisi yang dilakukan saat Imlek terutama di Indenesia.

Berikut Tradisi Saat Perayaan Imlek di Indenesia :

1. Membersihkan Rumah

Menjelang Tahun Baru Imlek 2571, para pengurus Yayasan Dharma Bakti Abadi yang menaungi Klenteng Kwan Tie Miau Sungailiat Kabupaten Bangka mengadakan gotong-royong membersihkan bagian dalam klenteng dan memasang peralatan sembahyang yang baru, serta pernak pernik perayaan Imlek lainnya, Sabtu (18/01/2020).
Menjelang Tahun Baru Imlek 2571, para pengurus Yayasan Dharma Bakti Abadi yang menaungi Klenteng Kwan Tie Miau Sungailiat Kabupaten Bangka mengadakan gotong-royong membersihkan bagian dalam klenteng dan memasang peralatan sembahyang yang baru, serta pernak pernik perayaan Imlek lainnya, Sabtu (18/01/2020). (bangkapos.com/Edwardi)
Halaman
1234
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: Evan Saputra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved