Berita Pangkalpinang

23 Personil Diturunkan Guna Pengamanan Pergantian Tahun Imlek 2571

Polres Pangkalpinang, mengerahkan 23 personil, guna pengamanan lalu lintas, dalam perayaan malam pergantian tahun baru Imlek 2571

23 Personil Diturunkan Guna Pengamanan Pergantian Tahun Imlek 2571
Bangkapos.com/Yuranda
Polres Pangkalpinang, mengerahkan 23 personil, guna pengamanan lalu lintas, dalam perayaan malam pergantian tahun baru Imlek 2571 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Polres Pangkalpinang, mengerahkan 23 personil, guna pengamanan lalu lintas, dalam perayaan malam pergantian tahun baru Imlek 2571 di Kota Pangkalpinang.

Malam tahun baru imlek  berlangsung, Jumat (24/1/2020) malam ini, di Klenteng Kwan Tie Miaw, yang merupakan klenteng tertua yang ada di Pusat Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Sejak pagi tadi, umat Konghucu mulai berdatangan untuk bersembahyang. Terlihat sejumlah sesajian berupa buah-buahan, daging ayam, dan sebagainya, sudah tertata rapi di altar-altar sembahyang.

Bersama dengan kelengkapan sembahyang lainnya seperti dupa, kertas doa dan lilin-lilin merah dalam berbagai ukuran.

Dalam tradisi masyarakat keturunan Tionghoa di Bangka Belitung, selain merayakan malam pergantian tahun imlek dengan menggelar sembahyang dan kegiatan keagamaan lainnya, masyarakat juga akan menggelar open house di rumah masing-masing, seperti layaknya lebaran.

Petugas Pengamanan Polres Pangkalpinang, Aiptu Guntur Jaya Budy, mengatakan kepolisian yang terdiri dari Intelkam, Sabara, dan Lantas Polres Pangkalpinang, mengamankan malam tahun baru imlek ini, hingga tengah malam nantih.

"Untuk jalan yang memasuki atau melintas didepan klenteng akan ditutup, supaya kegiatan didepen klenteng dapat berjalan," kata Aiptu Guntur Jaya Budy, Jumat (24/1/2020).

Ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengunjungi tempat ini untuk memarkirkan kendaraan bisa di depan BTC.

Guntur juga mengingatkan agar motor tidak dicuri maling, jangan lupa mengunci stang dan pengamanan lainnya.

Di malam perayaan tahun baru Imlek ini juga dimanfaatkan oleh pedagang menjual souvenir khas berupa mainan dalam bentuk barongsai untuk meraup keuntungan dari banyaknya pengunjung, yang datang menyaksikan sejulah atraksi pertunjukan, yang akan digelar hingga tengah malam nanti.

Di lokasi ini, akan tampil 8 kelompok barongsai dan 4 kelompok liong atau naga-nagaan, dari berbagai perkumpulan seni yang ada di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Pengamanan kegiatan, aparat kepolisian sudah mulai ditempatkan, demikian juga petugas dari Dinas lalu lintas angkutan jalan raya, dan dinas perhubungan, untuk membantu kelancaran arus lalu-lintas disekitar lokasi acara.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved