Breaking News:

Imlek 2020

INILAH aturan dan Tren Dekorasi Tahun Baru Cina 2020, Wajib Dilakukan Jika Ingin Beruntung

Warna merah sangat disukai oleh orang Cina pada umumnya karena mewakili kebahagiaan dan keberuntungan. Di bawah ini adalah beberapa dekorasi populer y

ist/Warga Kampung Tangjung Ruh
800 Lampion Hiasi Jalan Sepanjang 1 Km 

BANGKAPOS.CO, Imlek 2020 -- Setiap tahun, monster 年 (Nián) yang menghebohkan itu akan meneror desa. Itu akan memakan segalanya, dari nyamuk hingga manusia. Seiring berjalannya waktu, penduduk desa menyadari bahwa monster itu datang setiap 365 hari untuk menimbulkan malapetaka sebelum menghilang kembali ke hutan.

Jadi penduduk desa memutuskan bahwa pada hari itu, mereka akan menyiapkan pesta dan makan di depan leluhur untuk perlindungan. Setelah bertahun-tahun bersembunyi seperti ini, seorang pemuda datang dengan ide untuk menggunakan petasan dan menakuti monster itu sekali untuk selamanya.

Begitulah legenda asal-usul Tahun Baru Cina, juga dikenal sebagai Festival Musim Semi. Karena tujuannya adalah untuk menakut-nakuti Nian dan mencegahnya kembali, dekorasi liburan biasanya berwarna merah cerah dan keras.

Warna merah sangat disukai oleh orang Cina pada umumnya karena mewakili kebahagiaan dan keberuntungan. Di bawah ini adalah beberapa dekorasi populer yang digunakan untuk membuat pesta perayaan.

Seni Memotong Kertas 窗花 (chuāng huā)
Memotong kertas adalah kerajinan rakyat yang dapat dilihat di setiap musim, tetapi sangat menonjol selama Festival Musim Semi. Biasanya terlihat di jendela, terjemahan harfiahnya adalah "bunga jendela."

Potongan kertas zodiak Tahun Baru Cina

Potongan kertas zodiak Cina.
Potongan kertas zodiak Cina. (chinesenewyear.net)

Dekorasi ini biasanya simbol dan kata-kata keberuntungan dan terbuat dari kertas merah. Gambar termasuk ikan, buah persik, biji-bijian, naga, burung phoenix dan banyak lagi. Beberapa, seperti ikan, adalah permainan kata-kata untuk berkah. Lainnya, seperti naga dan buah persik, adalah simbol dari cerita rakyat dan legenda. Biji-bijian dan gambar terkait, di sisi lain, mewakili harapan untuk panen yang baik. Lebih lanjut tentang itu nanti.

Door Gods 门神 (mén shén)

Agama rakyat Tiongkok mencakup berbagai jenis dewa, serta tokoh-tokoh sejarah yang dihormati (baik nyata atau legendaris.) Salah satu jenisnya adalah Dewa Pintu. Sesuai namanya, lukisan para dewa ini ditempelkan ke pintu utama rumah. Pintu masuk utama secara tradisional terdiri dari dua pintu, sehingga para dewa selalu muncul berpasangan.

Dewa pintu dari Chengdu.
Dewa pintu dari Chengdu. (https://chinesenewyear.net/)

Pemburu iblis paling terkenal, Zhong Kui (钟 馗 - Zhōng kuí) memiliki wajah yang menakutkan. Inilah mengapa dewa pintu semuanya memiliki mata yang marah, fitur yang bengkok dan memegang senjata tradisional. Mereka siap melindungi keluarga dari iblis atau roh apa pun.

Halaman
1234
Penulis: Teddy Malaka (CC)
Editor: Teddy Malaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved