Berita Pangkalpinang

Kenali dan Waspadai Virus Corona! Satu Pasien RSPI Sulianto Sarosa Jakarta Diduga Terinfeksi

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni memberikan penjelasan mengenai virus corona

Kenali dan Waspadai Virus Corona! Satu Pasien RSPI Sulianto Sarosa Jakarta Diduga Terinfeksi
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kenali dan Waspadai Virus Corona! Satu Pasien RSPI Sulianto Sarosa Jakarta Diduga Terinfeksi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dilansir dari kompas.com, Jumat (24/1/2020) ada satu pasien berinisial R (35) diduga tertular virus corona jenis baru (2019-nCoV), ia memiliki riwayat perjalanan dari China dan dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta.

Hal ini diungkap oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Wiendra Waworuntu.

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni memberikan penjelasan mengenai virus corona.

"Penyakit dari terinfeksi oleh jenis virus corona dikenal dengan pneumonia wuhan. Virus ini menyebabkan penyakit pada saluran napas. Virus corona juga merupakan penyebab penyakit SARS yang juga berkembang di Cina dan MERS yang berkembang di Timur Tengah," ungkap dr Annisa saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (24/1/2020).

Virus corona walaupun satu keluarga dengan virus penyebab SARS namun diketahui virus ini tidak semematikan SARS bila untuk orang yang sistem imunnya kuat, bisa sembuh sendiri.

"Jadi pastikan jika kita terserang flu, sebaiknya istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, minum vitamin, dan banyak minum air putih," saran dr Annisa.

Gejala dari penyakit ini jika hanya menyerang saluran napas atas, akan menyebabkan gejala seperti flu biasa seperti demam, batuk, dan pilek.

Namun jika sudah terkena saluran napas bawah, bisa menyebabkan gejala yang lebih serius seperti sesak napas, hingga membutuhkan perawatan di rumah sakit.

"Penularannya diketahui untuk pneumonia wuhan ini terutama melalui hewan, dugaan sementara dari kelelawar yang ada di pasar wuhan, namun pastinya belum diketahui secara pasti. Selain dari hewan ke manusia, virus ini juga bisa menular melalui manusia ke manusi seperti melalui batuk dan sebagainya," terang dr Annisa.

Ia menambahkan cara pencegahan virus corona di China sendiri, mereka dihimbau untuk menghindari pasar hewan.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved