Berita Pangkalpinang

Persiapan Pengembangan KEK Masih Menunggu Ketetapan Peraturan Pemerintah

Persiapan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Desa Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah sudah selesai

Persiapan Pengembangan KEK Masih Menunggu Ketetapan Peraturan Pemerintah
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andy Yusfany. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andy Yusfany mengatakan persiapan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Desa Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah sudah selesai, masih menunggu ketetapan dari Peraturan Presiden.

"Persiapan sudah selesai, kita tinggal menunggu penetapan melalui PP (Peraturan Presiden)," ujar Andy saat ditemui bangkapos.com, di Kantor Bappeda Babel, Jumat (24/1/2020).

"Persiapannya dan prosesnya sudah dari 2017, kita sudah berkonsultasi, kita juga sudah dipanggil oleh dewan KEK nasional, sudah kita bahas dan persyaratan sudah terpenuhi kemudian kita tinggal menunggu posisi kita sekarang," tambahnya.

Lebih lanjut, Andy menjelaskan persiapan yang dilakukan untuk pengembangan KEK di Tanjung Gunung meliputi berkas-berkas yang harus dipenuhi dan kesesuian kawasan di RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah).

Ketika disinggung mengenai kawasan IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang berada di kawasan pembangunan KEK Tanjung Gunung.

"Kawasan KEK itu matra daratnya sedangkan IUP itu di laut," tanggap Andy.

Bila KEK ini sudah ditetapkan yang menjalankan adalah Konsorsium, pihak perusahan mitra yang investasi di kawasan tersebut.

"Harapannya bila sudah berjalan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, menciptkan lapangan pekerjaan dan membangkitkan UMKM masyarakat," harapnya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved