Berita Pangkalpinang

Anggaran Terbatas dan Perlu Rehabilitasi, Daya Tampung TPA Parit Enam Hanya Bertahan Tiga Tahun

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningakatan Kapasitas, Yosi Saria, mengatakan, daya tampung Tempat Pemrosesan Akhir(TPA) Parit Enam

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningakatan Kapasitas, Yosi Saria. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningakatan Kapasitas, Yosi Saria, mengatakan, daya tampung Tempat Pemrosesan Akhir(TPA) Parit Enam diestimasikan bertahan hingga dua atau tiga tahun mendatang.

Untuk itu lah TPA perlu dilakukan rehabilitasi dan pemeliharaan.

Dia menyebut, banyak sarana prasarana yang masih kurang di TPA tersebut. Seperti kekurangan pipa gas metan, jembatan timbang untuk menimbang muatan sampah.

Selama ini pihaknya hanya menghitung secara manual dari kubik per mobil sampah. Selain itu TPA tidak dibatasi dengan pagar menyeluruh, sistem drainase yang kurang, penghijauan dan belum adanya penataan zona aktif-tidak aktif.

"Masih banyak kekurangannya tapi kita keterbatasan anggaran jadi kami berusaha minta bantuan provinsi maupun pusat," kata Yosi, Senin (27/1/2020).

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui balai permukiman untuk membantu rehabilitasi TPA.

Menurutnya, pusat dapat memberi bantuan apabila master plan dan DED untuk kawasan tersebut telah dibuat.

Pihaknya menargetkan update master plan dan DED dapat dikejar diakhir tahun ini sehingga tahun 2021 mendatang proses rehabilitasi sudah dilakukan. (Bangkapos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved