Berita Sungailiat

Kemenag Bangka Serahkan 88 SK Pengangkatan Penyuluh Agama Non PNS

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka menyerahkan SK Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS sebanyak 88 orang

Kemenag Bangka Serahkan 88 SK Pengangkatan Penyuluh Agama Non PNS
bangkapos.com/Edwardi
Kantor Kementerian Agama. (Kemenag) Kabupaten Bangka menyerahkan SK Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS sebanyak 88 orang di Masjid Agung Sungailiat, Senin (27/01/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka menyerahkan SK Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS sebanyak 88 orang di Masjid Agung Sungailiat, Senin (27/01/2020).

Kepada para penyuluh ini diberikan honor sebesar Rp 1.000.000 per bulan yang dibayarkan setiap bulan, syaratnya mereka harus menyerahkan laporan kegiatannya setiap bulan sebagai dasar untuk mencairkan honornya setiap bulan.

M Kurnia, Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kabupaten Bangka mengatakan SK Pengangkatan Penyuluh Agama Islam Non PNS ini berlaku selama 4 tahun, dari 2020-2024.

"Mereka ini kita rekrut untuk bekerja menjadi penyuluh agama di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, jadi mereka ini menjadi garda depan Kemenag dalam melaksanakan tugas Kemenag," kata Kurnia.

Para penyuluh yang direkrut ini berlatarbelakang pendidikan SMA sederajat, S1 dan S2 dengan tujuan menyampaikan pesan-pesan pada madyarakat dan memberikan bimbingan minimal dua majelis taklim untuk satu orang penyuluh.

"Mereka kita harapkan bisa langsung melakukan binaan kepada majelis taklim bapak-bapak, ibu-ibu, remaja yang mereka bina, tetapi mereka juga bisa ditugaskan Kemenag misalnya untuk mendeteksi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya aliran sesat dan menyimpang lainnya, bila ada menemukan itu segera melaporkan ke Bimas Islam," ungkap Kurnia.

Jumlah penyuluh Agama Islam Non PNS untuk Kecamatan Belinyu ada 10 orang, Kecamatan Puding Besar 8 orang, Kecamatan Bakam 9 orang, Kecamatan Pemali 9 orang, Kecamatan Merawang 12 orang, Ke amatan Mendo Barat 13:orang dan Kecamatan Sungailiat ada 19 orang.

"Kecamatan Sungailiat dan Mendo Barat paling banyak karena wilayahnya cukup luas, untuk penyuluh ini rata-rata satu desa/kelurahan itu ada satu orang penyuluh, tetapi memang masih ada desa yang belum tercover,":jelas Kurnia

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved