Berita Bangka Tengah

BBI Bangka Tengah Targetkan Produksi 600 ribu Benih Ikan Air Tawar di Tahun 2020

Penurunan produksi tersebut dikarenakan faktor alam, yang mana menurut informasi yang ia dapatkan dari BMKG, di tahun 2020 ini musim kemarau

BBI Bangka Tengah Targetkan Produksi 600 ribu Benih Ikan Air Tawar di Tahun 2020
Bangkapos/Muhammad Rizki
Tambak ikan yang berada di BBI Kabupaten Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Hermanto mengatakan jika produksi benih ikan air tawar tahun 2020 akan mengalami penurunan pada tahun 2020 sebesar 600 ribu benih.

Sedangkan pada tahun 2019 target produksi benih ikan air tawar sebanyak 1 juta benih.

Penurunan produksi tersebut dikarenakan faktor alam, yang mana menurut informasi yang ia dapatkan dari BMKG, di tahun 2020 ini musim kemarau akan berlangsung lebih lama.

"Target produksi mengacu pada perkiraan BMKG yang mengatakan musim panas tahun 2020 lebih panjang panjang dari tahun 2019," ujar Hermanto, Selasa (28/1) di kantornya.

600 ribu benih ikan tersebut terdiri dari berbagai komoditas ikan air tawar, seperti ikan nila, lele, patin, dan ikan gurami.

Dan untuk harganya juga dijual bervariasi tergantung dengan jenis dan ukuran ikan.

"Permintaan tertinggi masyarakat adalah benih ikan nila, dan persebaran terbanyak berada di Desa Pedindang dan Desa Terak, untuk benih ukuran 3 - 5cm nila Rp 200/ ekor, lele Rp 150/ ekor, gurami Rp 2000/ ekor, patin Rp 400/ ekor," jelasnya.

Satu diantara pengelola Unit Pembenihan Rakyat (UPR), Iwan mengatakan bahwa kebutuhan UPRnya dari benih ikan BBI dalam satu tahun mencapai 100.000 benih.

"Kebutuhan benih kami sekitar 100 ribu benih ikan nila dan gurami, dan jumlah itu tergantung permintaan masyarakat," ujar Iwan.

Ia mengungkapkan bahwa angka kematian benih sebesar 20% dan itupun tergantung faktor alam atau perubahan cuaca yang mana bisa merubah PH air, ia juga mengatakan bahwa konsumennya merupakan warga Bateng dan Basel.

"Untuk harganya kami jual Ikan lele dewasa seharga Rp 27 ribu/ kg, dan Ikan gurami Rp 45 rb/ kg," pungkas Iwan. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved