Berita Sungailiat

Bupati Bangka Lantik 24 Pejabat Baru, Mulkan Minta Jaga Amanah

pelantikan ini merupakan pelantikan lanjutan periode pertama lalu 2 Januari 2020. Tetapi saat pelantikan itu ada beberapa pegawai yang sakit

Bupati Bangka Lantik 24 Pejabat Baru, Mulkan Minta Jaga Amanah
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak 24 orang pejabat di lingkungan Pemkab Bangka, yang menjabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas, Selasa (28/01/2020) di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka.

Para pejabat yang dilantik ini terdiri dari 1 orang pejabat eselon II yakni Restunemi diangkat menjadi Staf Ahli Bupati Bangka, 5 orang pejabat eselon III dan sisanya pejabat eselon IV.

Para pejabat ini sebelumnya sudah dikeluarkan SK Pengangkatannya sejak pelantikan pejabat 2 Januari 2020 lalu, namun karena mereka berhalangan hadir saat itu sehingga belum dilantik secara resmi.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan pelantikan ini merupakan pelantikan lanjutan periode pertama lalu 2 Januari 2020. Tetapi saat pelantikan itu ada beberapa pegawai yang sakit, cuti dan lainnya sehingga tidak berada di tempat saat pelantikan sehingga terjadi penundaan pelantikan.

" Alhamdulillah hari ini kita bisa melantik para pegawai yang berhalangan ini dengan baik dan lancar," kata Mulkan.

Ditambahkannya, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS disebutkan bahwa setiap PNS yang memangku jabatan tinggi pratama, administrator dan pengawas wajib dilantik dan mengangkat sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

"Karena itu hari ini mereka wajib dilantik dan diambil sumpah dan janji jabatannya, karena kalau tidak diambil sumpah dan janji jabatannya maka jabatan yang mereka duduki itu belum legal atau ilegal karena belum diakui secara formal," ujar Mulkan.

Dilanjutkannya, jabatan yang mereka emban itu merupakan suatu amanah sehingga jabatan itu harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

" Jadi jangan sampai hanya mau memangku jabatan saja tetapi tidak mau melaksanakan tugas jabatan itu dengan sebaik-baiknya," tukas Mulkan.

Mulkan menambahkan atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik sehingga ada pengakuan secara legal, sehingga tidak ada lagi rasa keragu-raguan bahwa jabatan yang diembannya itu tidak pasti karena belum dilantik.

"Pejabat yang dilantik memiliki mekanisme dalam proses mutasi ya, apalagi pejabat tinggi pratama saat ini aturan pengangkatannya cukup rumit, harus ada izin pak gubernur, lalu ke KASN dan lainnya," jelas Mulkan. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved