Berita Sungailiat

Danlanal Jamin Laut Bangka Belitung Aman dan Kondusif

untuk mengantisipasi masuknya nelayan asing ke perairan laut Babel, pihak Lanal Babel setiap hari mengerahkan KRI yang memang ditempatkan disini.

Danlanal Jamin Laut Bangka Belitung Aman dan Kondusif
Bangkapos.com/Edwardi
Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Babel, Letkol (Laut) Dudik Kuswoyo 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Babel, Letkol (Laut) Dudik Kuswoyo menjamin keamanan perairan laut Bangka Belitung dalam keadaan aman dan kondusif, serta tidak ada kapal-kapal nelayan asing.

"Untuk ilegal fishing di perairan laut Bangka saat ini saya jamin tidak ada, syukur Alhamdulillah semuanya aman dan kondusif," kata Dudik usai upacara dan ziarah peringatan Hari Dharma Samudera di TMP Padma Satria Sungailiat, Selasa (28/01/2020).

Mengenai konstelasi di Laut Natuna, beberapa waktu lalu sudah dikirimkan tim dari TNI AL dan TNI AU dan lainnya ke perairan Natuna

"Kita ketahui bersama saat ini semua kapal-kapal asing itu sudah bergerak keluar dari perairan itu, untuk detilnya kami belum memonitoring lebih lanjut dan bukan kapasitas kami juga untuk memberikan pernyataan itu," imbuh Dudik.

Diungkapkannya, untuk mengantisipasi masuknya nelayan asing ke perairan laut Babel, pihak Lanal Babel setiap hari mengerahkan KRI yang memang ditempatkan disini.

"Kita saat ini memiliki alutsista KAL sebanyak 6 unit yang melakukan patroli keamanan laut di wilayah perairan Babel," ujar Dudik.

Diakuinya untuk prasarana alutsista Lanal Babel saat ini memang masih kurang.

Kalau kita memiliki alutsista yang banyak pasti itu lebih baik.

Namun TNI AL juga melakukan sinergi dengan unsur lainnya, seperti Polair, Basarnas, dan lainnya

"Kita saat ini baru memiliki enam.kapal.patroli namun kita juga melakukan koordinasi dengan Polaur dan Basarnas yang juga mempunyai alutsista pengamanan di laut," tukasnya.

Diakuinya untuk kondisi ideal alutsista di Lanal Babel saat ini kalau bisa satu pos TNI AL itu memiliki satu KAL, saat ini kita memiliki Qw pos TNI AL jadi idealnya ada 12 kapal AL. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved