Berita Pangkalpinang

Cegah Penyebaran Virus Corona, Masyarakat Jangan Panik, Ini Penjelasan Kadinkes Pangkalpinang

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang melakukan kesiapsiagaan pencegahan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Masyarakat Jangan Panik, Ini Penjelasan Kadinkes Pangkalpinang
Ist/Ombudsman Babel
Plt. Kepala Perwakilan Ombdusman Bangka Belitung, Nugroho Andriyanto (baju batik) mengecek alat Thermal Scanner didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Angkasa Pura II di Bandara Depati Amir, Selasa (28/1/2020) kemarin. 

Cegah Penyebaran Virus Corona, Masyarakat Jangan Panik, Ini Penjelasan Kadinkes Pangkalpinang

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang melakukan kesiapsiagaan pencegahan penyebaran Virus Corona (2019-nCov), yang sedang mewabah di kota Wuhan, Tiongkok dan menyebar ke beberapa negara tetangga.

Upaya yang dilakukan dinkes terus melakukan pengamatan terhadap peningkatan kasus pneumonia yang terjadi di Kota Pangkalpinang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Suriyanto, mengatakan, pihaknya meminta rumah sakit dan puskesmas memantau lebih ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala pneumonia.

Selain itu, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tersebut diminta memberi edukasi kepada pasien dan masyarakat mengenai cara penularan pneumonia.

Pihaknya telah menyebarkan surat edaran ke rumah sakit dan seluruh puskesmas untuk siaga terhadap penyakit pneumonia, yang dapat disebabkan oleh virus corona.

"Apabila demam sudah diatas 38 derajat, itu segera periksa ke faskes karena bisa jadi dicurigai terkena virus, karena suhu tubuhnya panas drastis selama lebih dari 14 hari," imbau Suriyanto, Rabu (29/1/2020).

Selain demam diatas 38 derajat, ciri lain yang patut dicurigai menurutnya yakni batuk, flu, sesak, kesulitan bernafas dan pernah kontak langsung dengan orang yang terkonfirmasi virus corona. Meskipun di Pangkalpinang belum ada laporan penyebaran virus tersebut, namun ini kata Suriyanto perlu diantisipasi.

Dia berharap masyarakat juga tidak resah dengan penyebaran virus ini. Hanya saja, mereka perlu mengetahui edukasi mengenai virus corona.

Suriyanto mengatakan, jika lebih dari 14 hari gejala penyakit yang dialami pasien seperti disebutkannya tadi, maka perlu segera dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan.

Halaman
123
Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved