Berita Bangka Selatan

RSUD Kabupaten Bangka Selatan Siapkan Dua Ruang Isolasi untuk Tangani Pasien Virus Corona

umah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangka Selatan menyiapkan dua ruang isolasi

RSUD Kabupaten Bangka Selatan Siapkan Dua Ruang Isolasi untuk Tangani Pasien Virus Corona
bbc. co. uk
virus corona1 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Untuk mengantisipasi adanya pasien yang mengidap Virus Corona di Kabupaten Bangka Selatan, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangka Selatan menyiapkan dua ruang isolasi.

Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangka Selatan, dr. Agus Pranawa ketika dikonfirmasi menyatakan pihaknya akan selalu siaga jika suatu saat ada pasien yang mengidap Virus Corona.

"Sebagai antisipasi, kami telah menyediakan dua buah ruangan isolasi yang nantinya dapat digunakan kepada pasien yang mengidap Virus Corona," tutur dr. Agus.

Selain itu jika ada pasien yang terindikasi penyakit Pneumonia berat tanpa ada penyebab yang jelas maka akan juga dideteksi dan dilakukan pengobatan secara khusus.

"Tentunya sebagai antisipasi kita akan lakukan pencegahan penularan dengan isolasi dan juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan agar agar benar-benar dapat ditangani," tambahnya.

Untuk penanganan sendiri, dr. Agus Pranawa menyatakan penanganan Virus Corona sendiri yang dilakukan oleh pihaknya kurang lebihnya sama dengan Pneumonia karena Virus Corona memiliki gejala yang sama dengan Pneumonia iti sendiri.

Kendati demikian, hingga saat ini dr. Agus Pranawa menyatakan pihaknya belum mendapatkan informasi ataupun penanganan pasien Virus Corona di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangka Selatan.

Sebelumnya Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan pastikan Kabupaten Bangka Selatan bebas dan aman dari Virus Corona yang menghebohkan dunia.

Menurut pengakuan Kepala DKPPKB Basel, Supriyadi pihaknya hingga kini belum menerima adanya pelaporan terkait dengan penyebaran Virus Corona di seluruh wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

Untuk megantisipasi penyebaran, Supriyadi menambahkan pihaknya akan selalu siap siaga sekaligus memantau kemungkinan gejala-gejala yang mengindikasikan adanya penyebaran Virus Corona.

"Kami akan selalu melakukan pengawasan di semua wilayah dan juga menyiapkan tim untuk bergerak cepat sebagai upaya antisipasi," tutur Supriyadi pada Rabu, (29/1/2020).

Selain pengawasan, Supriyadi juga menyatakan pihaknya akan melakukan koordinasi bersama unit-unit kesehatan seperti rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat untuk mengantisipasi adanya ancaman Virus Corona.

Bagi pasien yang saat ini akan dan sudah dirawat tambah Supriyadi juga akan kembali diperiksa seperti cek darah agar benar-benar memastikan tidak adanya virus yang saat ini tren dibicarakan.

Selain koordinasi bersama rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat, Supriyadi juga menyatakan siap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bagaimana mengatasi Virus Corona.

(Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved