Info Kesehatan

Jangan Minum Kopi Berlebihan Bisa Gelisah, Asam Lambung Naik hingga Ganggu Kesehatan Janin

Seseorang bisa mengalami efek samping kopi, biasanya karena mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi atau berlebihan.

Jangan Minum Kopi Berlebihan Bisa Gelisah, Asam Lambung Naik hingga Ganggu Kesehatan Janin
Pos Kupang/Muhlis Al Alawi
Ilustrasi kopi 

BANGKAPOS.COM - Beberapa penelitian menyatakan bahwa kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak, sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Bahkan manfaat kopi selama ini hanya dianggap sebagai penambah energi kala menyambut hari, atau saat mengantuk. Padahal, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Meski dinilai menyehatkan karena dapat meningkatkan mood dan metabolisme tubuh, namun ada beberapa efek samping kopi yang dapat merugikan kesehatan, dilansir Bangkapos.com dari laman alodokter.com sehingga mengkonsumi kopi berlebihan perlu diwaspadai.

Seseorang bisa mengalami efek samping kopi, biasanya karena mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi atau berlebihan.

Memahami Efek Samping Kopi

Banyak penelitian dilakukan terhadap manfaat kopi. Salah satu yang diungkap dari penelitian tersebut adalah kopi dapat meningkatkan harapan hidup.

Selain itu, manfaat kopi diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, sirosis, asam urat dan beberapa jenis kanker.

Ingat, Tak Semua Minuman Berbasis Kopi Baik untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya konsumsi kopi umumnya aman bagi orang dewasa dan tidak merugikan kesehatan jangka panjang, terutama jika kadar kafein dalam jumlah sedang.

Namun, konsumsi kafein dalam jumlah yang lebih besar yaitu sekitar 1000 mg atau sekitar 6 cangkir kopi per hari, dapat memicu timbulnya efek samping.

Secara umum, efek samping kopi yang seringkali terjadi antara lain:

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved