Berita Pangkalpinang

Begini Kata Ketua Komisi VII DPR RI Saat Kunspek ke PT Timah Tbk, Tanggapi RZWP3K dan Saham

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan kedatangan mereka ke Bangka Belitung dalam rangka kunjungan spesifik

Begini Kata Ketua Komisi VII DPR RI Saat Kunspek ke PT Timah Tbk, Tanggapi RZWP3K dan Saham
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto beserta anggotanya saat pertemuan direksi PT Timah Tbk.Jumat, 31/1/2020. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan kedatangan mereka ke Bangka Belitung dalam rangka kunjungan spesifik (kunspek) untuk melihat dan mengawasi langsung mengenai pertambangan timah khususnya PT Timah Tbk.

"Kami komisi VII DPR RI memastikan bagaimana timah itu secara sustainable bisa dikelola secara baik," kata Sugeng saat ditemui bangkapos.com di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang, Jumat (31/1/2020).

Menurutnya, pertambangan itu adalah suatu mata rantai dari berbagai aspek.

"Kami juga ingin melihat berbagai persoalan baik produksi, reserve, baik pasca tambangnya apa dari sisi lingkungan. Kami sebagai wakil rakyat tentu menyerap aspirasi daerah termasuk kontribusi PT Timah terhadap pembangunan daerah," jelas Sugeng.

Ia menilai kontribusi tersebut ada tangible dan intangible.

"Ada langsung dalam bentuk sebuah barang, muapun uang. Tetapi ada secara intangible itu apa, secara keseluruhan PT Timah menggerakkan perekonomian secara keseluruhan, itu juga menjadi konsep kita," jelas Sugeng.

Menurutnya, kehadiran PT Timah Tbk dapat dirasakan manfaat, sesuai dengan konstitusi pihaknya bahwa bumi, air dan kekayaan terkandung didalamnya dikuasai oleh negara, digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Pihaknya juga menemukan hal yang mendasar bahwa dari produksi timah yang ada hanya 3 persen dimanfaatkan oleh negeri dan 97 persen diekspor keluar negeri.

"Idealnya sebagaimana kebijakan pemerintah ada proses hilirisasi, tapi hilirisasi secara konsep itu mudah seolah-olah. Tetapi itu mengandaikan ada industrisasi yang menjadi off taker dari produk timah yang harus kita bangun bersama-sama," terangnya.

"Dalam kunjungan ini kami telah menemukan gambaran besar yang dalam konteks sebagai syarat-syarat sebagaimana pengelolaan tata kelola pertambangan yang baik telah dilaksana dengan baik oleh PT Timah," ungkap Sugeng.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved