Berita PT Timah

Kunspek, Komisi VII DPR RI Nilai Baik Area Pasca Tambang Kampoeng Reklamasi Air Jangkang PT Timah

kunjungan ke Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang merupakan area reklamasi yang dikelola oleh PT Timah Tbk, sebagai upaya dalam pasca tambang

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto beserta rombongan saat mengunjungi langsung area pasca tambang Kampoeng Reklamasi Air Jangkang PT Timah Tbk. Jumat,(31/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Setelah Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dalam rangka Kunjungan Spesifik (Kunspek) melakukan pertemuan dengan direksi PT Timah Tbk.

Agenda selanjutnya melakukan kunjungan ke Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang merupakan area reklamasi yang dikelola oleh PT Timah Tbk, sebagai upaya dalam pasca tambang.

Di area tersebut, para anggota Komisi VII DPR RI ditemani Dirjen Minerba Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) RI Bambang Gatot Aryono, Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dan Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat.

Mereka melihat berbagai jenis tumbuhan yang ditanami dan hewan di area tersebut.

Kunjungan tersebut dipandu oleh Ketua Lembaga Konservasi Pusat Penyelamatan Satwa Alobi Foundation Langka Sani yanh merupakan satu pengelola area Kampoeng Reklamasi Air Jangkang.

"Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) seperti ini ada enam di Indonesia, satu diantaranya di Bangka Belitung. Satwa-satwa ini sitaan BKSDA dan Sumsel, nanti ini tidak bisa dilepasliarkan tapi dikembalikan lagi ke habitatnya," jelasnya kepasa para Komisi VII DPR RI saat melihat satwa di area reklamasi tersebut.

Langka juga sempat mengatakan bahwa penangkaran buaya di area reklamsi ini didesain PT Timah sendiri, dan ini dinilainya cukup menjadi yang terbaik.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menilai baik upaya reklamasi yang dilakukan PT Timah Tbk.

"Ini sudah bagus kita lihat, dari hasil pasca tambang kita lihat bagaimana reklamasi dari bekas tambang menjadi kondisi yang demikian. Ini sifatnya yang kelihatan oleh mata," ujar Sugeng saat ditemui bangkapos.com di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang, Jumat (31/1/2020).

Ia menyarankan agar proses pasca tambang seperti reklamasi yang dikelola oleh PT Timah Tbk terus menerus harus diperbarui.

Lebih lanjut, ia mengatakan mengenai tentang retribusi timah kepada daerah, tata kelola secara regulasi dan hal lainnya nanti akan dibahas lebih lanjut. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved