Breaking News:

Berita Pangkalpinang

IJTI Bangka Belitung Prihatin Maraknya Pelaporan Pemberitaan Ke Dewan Pers

Maraknya sengketa pemberitaan yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, membuat Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Babel, Joko Setyawanto, Sabtu (1/2/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Maraknya sengketa pemberitaan yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, membuat Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Babel, Joko Setyawanto prihatin.

Menurut Joko, banyaknya sengketa pemberitaan di Bangka Belitung, yang harus berujung ke Dewan Pers menunjukkan masih lemahnya pemahaman dan penegakan kode etik jurnalistik di kalangan pers Bangka Belitung.

"Dinamika ini sebenarnya juga dapat dilihat sebagai peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat luas, tentang pers semakin baik, dimana publik maupun perorangan yang tidak nyaman dengan sebuah berita, sudah memahami jalur penyelesaiannya, dengan cara membuat aduan ke Dewan Pers selaku institusi yang mendapat mandat UY No. 40 tahun 1999 tentang pers," jelas Joko kepada Bangkapos.com, Sabtu (1/2/2020).

Menurutnya,  peningkatan pemahaman ini sangat penting karena akan berdampak terhadap menurunnya potensi kekerasan terhadap pers yang umumnya selalu diawali dari pemberitaan atau ketidak puasan terhadap sesuatu berita.

"Kami berharap sengketa pemberitaan ini, sebagai pembelajaran terutama bagi insan pers, untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan selalu menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesi yang dilindungi oleh konstitusi ini," imbau Joko.

Dalam kesempatan itu, IJTI sebagai salah satu organisasi profesi jurnalis yang merupakan konstituen Dewan Pers, yang juga mengundang partisipasi, seluruh jurnalis yang ada di Bangka Belitung, yang tanpa melihat latar belakang organisasi untuk menghadiri seminar yang akan digelar pada 4 Februari mendatang, 

Pada seminar itu  akan  menghadirkan narasumber ketua umum IJTI Yadi Hendriana, anggota Dewan Pers Jamalul Insan dan Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat ini akan membahas tentang digital disruption yang juga sangat berdampak pada dunia jurnalisme. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved