Wisata Belitung

Berpetualang di Museum Kata Andrea Hirata? Siapa Takut!

Museum Kata pertama di Indonesia ini menawarkan perjalanan kisah Andrea Hirata dalam menuliskan cerita hidupnya.

Berpetualang di Museum Kata Andrea Hirata? Siapa Takut!
Posbelitung/Brian
Museum Kata Andrea Hirata 

POSBELITUNG.CO--SATU di antara spot wisata napak tilas Laskar Pelangi di Belitung adalah Museum Kata Andrea Hirata. Museum Kata pertama di Indonesia ini menawarkan perjalanan kisah Andrea Hirata dalam menuliskan cerita hidupnya.

Lokasinya berada di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Gantung, Belitung Timur, tak jauh dari SD Muhammadiyah Gantung.

Banyak sekali kutipan-kutipan penulis dan sastrawan dari seluruh dunia di dalam tempat ini. Pajangan foto-foto yang berkaitan dengan novel-novelnya digantung di berbagai sisi dinding.

Lukisan abstrak dengan estetikanya yang menawan juga banyak terpasang pada beberapa sisi bangunan.

Sebelum menikmati tempat ini, kita diharuskan membayar Rp 50 ribu. Eits, tunggu dulu! Jangan berpikir mahal dulu, karena dengan uang segitu kamu sudah dapat buku saku yang ditulis langsung oleh Andrea Hirata! Nothing to lose, kamu bayar segitu dapat buku dan pengalaman berkunjung ke museum kata satu-satunya di Indonesia!

Saat masuk, kamu bakal disambut dengan letter art bertuliskan, 'Indonesia First Literary Museum since 2010'. Dari langkah pertamu masuk, sudah bisa dijadikan spot foto instagramable. Masuk ke dalam kamu akan merasakan sensasi menginjak tempat yang berbeda.

Berfoto, membuat video boomerang instagram, atau sekedar membaca-baca quote dari sastrawan dunia bisa kamu lakukan saat mengitari tempat ini. Di tempat ini juga terpajang puluhan versi internasional dari novel fenomenalnya yang mengubah citra pariwisata Belitung, Laskar Pelangi.

Tidak hanya di dinding, di lantai tempat ini pun terdapat lukisan-lukisan dan puisi-puisi dari Andrea dan penulis dunia lainnya. Pose selonjoran sangat apik dengan lantai berlukis, dijamin akan banyak like di konten instagram kamu!

Di belakang tempat ini terdapat warung kopi dengan nama 'Warung Kupi Kuli'. Mungkin minum kopi adalah hal biasa, namun jika meminum di sini kamu bakal merasakan sensasi yang berbeda. Ssstttt!!!! Jika kamu beruntung, bisa ketemu Andrea Hirata lho di sini!

Setelah menyeruput kopi, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke sisi barat museum. Di sana terdapat spot foto yang krratif dan cantik. Puluhan kusen pintu jaman dulu ditempel di atap-atap bangunan membuat kesan antik dan estetik tempat ini.

So, bagi kamu yang cinta dengan Laskar Pelangi dan turunannya, tempat ini wajib kamu kunjungi saat liburan di Belitung! Belitung tidak hanya pantai yang indah, budaya menulisnya juga patut diacungi jempol! Yuk, ke Belitung!

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved