Berita Bangka Tengah

DPRD Bangka Tengah Sampaikan 159 Pokir Hasil Reses, Usulkan Drainase hingga Bantuan Sumur Bor

Dapil I mengusulkan pengaspalan jalan menuju pantai wisata Air Sapet, pembangunan drainase Desa Perlang, dan normalisasi alur Sungai Kulur....

bangkapos.com / Muhammad Rizki
Rapat paripurna tentang penetapan pokok-pokok pikiran hasil reses DPRD Bateng masa sidang I tahun 2020, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Senin (3/2/2020) 

BAGKAPOS.COM , BANGKA - DPRD Bangka Tengah menyampaikan total 159 pokok pikiran (pokir) yang merupakan hasil reses beberapa waktu lalu. 

Ratusan pokor ini disampaikan melalui rapat paripurna DPRD Bangka Tengah dengan agenda penetapan pokok-pokok pikiran hasil reses DPRD Bateng masa sidang I tahun 2020, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bateng. Senin (3/2/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bateng Me Hoa, dan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bateng Yulianto Satin.

Dalam sambutannya Me Hoa mengatakan, pokok-pokok pikiran DPRD sesungguhnya adalah penjaringan aspirasi masyarakat dari hasil kegiatan kunjungan berkala sesuai dengan pasal 161 Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Ia mengatakan kegiatan reses ini bertujuan untuk menjembatani aspirasi atau keinginan masyarakat terhadap keselarasan program pembangunan antara masyarakat dan pemerintahan daerah Kabupaten Bateng, bahkan pusat.

Selanjutnya penyampaian pokok-pokok pikiran hasil reses tersebut dibacakan oleh Kabag Hukum Risalah dan Persidangan Soleh.

Rincian 159 pokir tersebut di antaranya berasal dari daerah pemilihan (Dapil) I Kecamatan Koba dan Kecamatan Lubuk Besar yang berjumlah 70 pokok pikiran, Dapil II Kecamatam Sungaiselan dan kecamatan Simpangkatis berjumlah 35 pokok pikiran, dan Dapil III Kecamatan Pangkalan Baru dan Kecamatan Namang yang berjumlah 54 pokok pikiran.

Beberapa aspirasi yang disampaikan dalam pokir tersebut di antaranya, Dapil I mengusulkan pengaspalan jalan menuju pantai wisata Air Sapet, pembangunan drainase Desa Perlang, dan normalisasi alur Sungai Kulur sepanjang 5 KM.

Untuk Dapil II beberapa pokok pikiran di antaranya adalah pengaspalan jalan lingkar Desa Sungaiselan Atas, rehab jalan RT. 03 Desa Puput Kecamatan Simpang Katis, dan pembangunan plat duiker RT 4 Desa Lampur Kecamatam Sungaiselan.

Lalu ada beberapa pokok pikiran dari Dapil III seperti bantuan sumur bor Kelurahan Dul, peningkatan jalan di Dusun Semujur Desa Batu Belubang, dan pengaspalan jalan RT 03 Desa Pedindang.

Seusai pembacaan pokok-pokok pikiran tersebut, Me Hoa mengharapkan, agar pokok-pokok pikiran tersebut dapat dijadikan refrensi dan masukan dalam penyusunan draft awal dokumen RKPD Kabupaten Bateng.

"Dan hasil akhirnya dapat tersusunnya APBD Kabupaten Bateng yang lebih proposional, akuntabilitas, bertanggung jawab, berkeadilan, dan tepat sasaran," ujar Me Hoa, Senin (3/2/2020).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Bangka Tengah Yulianto Satin mengatakan, penyusunan RKPD pokok-pokok pikiran DPRD diselaraskan dengan prioritas dan sasaran pembangunan serta ketersediaan kapasitas rill anggaran.

"Demi kesejahteraan masyarakat menuju Bangka Tengah unggul marilah kita bersama-sama bersatu padu menjalankan prioritas kegiatan pembangunan dengan berasaskan manfaat bagi masyarakat, semoga Allah meridhoi langkah kita untuk kesejahteraan masyarakat," kata Yulianto. (Bangkapos.com / Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved