Tips 9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Penyakit jantung juga menjadi penyebab kematian tertinggi, karena penyakit ini merupakan salah satu pembunuh utama di dunia.

Tips 9 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apa pun. 

BANGKAPOS.COM--Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Dilansir dari Wikipedia Jantung adalah (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang.

Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

Maka jantung merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti. Jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kesehatan jantung dipelihara agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusaknya.

Penyakit jantung juga menjadi penyebab kematian tertinggi, karena penyakit ini merupakan salah satu pembunuh utama di dunia. Jadi sama seperti otot lainnya, jantung pun membutuhkan oksigen. Selama serangan jantung terjadi, oksigen yang masuk ke dalam otot tidak cukup.

Hal ini biasanya dikarenakan endapan lemak yang membentuk plak dan berkembang di dinding arteri koroner. Arteri koroner adalah pembuluh yang memasok darah beroksigen ke jantung. Maka dari itu, penyakit jantung yang disebabkan oleh penyumbatan plak dalam arteri koroner sering juga disebut sebagai penyakit jantung koroner.

Faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung kebanyakan merupakan akibat dari gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, obesitas, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan kadar kolesterol tinggi.

Berikut cara menjaga kesehatan jantung sejak dini , seperti dirangkum dari laman web www.alodokter.com agar jantung tetap sehat dan bisa terhindar dari pemucunya.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung :

1. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Perokok memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok sendiri, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok (perokok pasif) juga lebih berisiko mengalami penyakit tersebut.

Halaman
123
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved