Berita Kriminalitas

Buron 24 Hari, Dika Berhasil Dibekuk Tim Opsnal Gabungan, Coba Kabur Dua Kaki Diganjar Timah Panas

Dika (30) ditangkap setelah buronan selama 24 hari, telah melakukan pencurian bersama ke tiga rekannya

Buron 24 Hari, Dika Berhasil Dibekuk Tim Opsnal Gabungan, Coba Kabur Dua Kaki Diganjar Timah Panas
Bangkapos.com/Yuranda
DPO Andika alias Dika (30) Berhasil diamankan di Polres Pangkalpinang, Selasa (4/2/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Gabungun Opsnal Polres Pangkalpinang dan Polsek Toboali berhasil membekuk, Andika Saputra alias Dika (30) di salah satu rumah warga di Sukadamai, Toboali, Bangka Selatan, Senin (3/2/2020) Pukul 22.30 WIB.

Dika (30) ditangkap setelah buronan selama 24 hari, telah melakukan pencurian bersama ke tiga rekannya, Saddaruddin alias Udin (38), Bambang (30) dan Andi Candra Kirana Putra alias Candra (30) yang merupakan pelaku komplotan pencurian antara Kabupaten kota, pada Minggu (12/1/2020) lalu.

Dika (30) Warga Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, pada saat penggerbekan Tim Gabungan yang dipimpin oleh Kanit Buser Aiptu Mardi Bule berserta Kapolsek Toboali Iptu Yandri dan Kanit Reskrim Polsek Toboali Ipda Tarigan. Tersangka sedang tiduran rumah salah satu warga di Sukadamai, Toboali.

Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang mengatakan saat dilakukan penggerebekan, di salah satu rumah target pelaku sedang tiduran dan pelaku berupaya melarikan diri terkejut dengan kehadiran Polisi.

Pada saat itu tersangka Andika alias Dika (30) mencoba melompat keluar jendela namun berhasil disergap oleh tim.

“Pelaku mencoba melawan dan melarikan diri, tim kemudian lepaskan tembakan peringatan namun tetap mencoba kabur. Untuk itu anggota kita melakukan tindakan tegas terukur dan mengenai kaki sebelah kanan dan kiri pelaku,”jelas Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020) di Polres Pangkalpinang.

Kata Jadiman, Andika sudah melakukan kejahatan pencurian sebanyak sembilan kali di wilayah hukum Polres Pangkalpinang dengan lima TKP ada laporan polisi dan empat TKP tanpa laporan polisi.

"Pelaku juga mengaku telah melakukan pencurian di wilayah Payung dan Sungailiat. Kita bawa tersangka ini bersama barang bukti ke Polres Pangkalpinang untuk ditindaklanjut,” Kata Kabag Ops.

Andika alias Dika (30) merupakan jaringan komplotan pencuri kelas berat di wilayah hukum Polres Pangkalpinang.

Tiga rekannya sudah ditangkap pada hari Minggu 12 Januari 2020 lalu di Gang Bedade Kelurahan Sinar Bulan saat santai minuman keras. Saat digerebek dia (Dika--red) berhasil melarikan diri dari kejaran petugas.

Modus yang mereka lakukan dengan mencongkel rumah korban menggunakan linggis. Mereka melancarkan aksinya di beberapa titik di Kota Pangkalpinang dan di luar Kota Pangkalpinang, menggunakan mobil rental.

Ketiga kawanannya yakni Saddaruddin alias Udin (38), Bambang (30) dan Andi Candra Kirana Putra alias Candra (30).

Dika merupakan residivis lima kali masuk jeruji besi dengan kasus yang sama, ini kabur ke rumah kerabatnya di Toboali setelah berhasil melarikan diri dari sergapan petugas. Padahal pada Juli 2019 lalu dia baru saja keluar dari Lapas.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved