Breaking News:

CPNS 2019

Lulus SKD Jangan Senang Dulu, Eits Masih Ada SKB yang Menanti Pelamar CPNS

Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) jangan dulu bersenang hati.

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kabid Perencanaan, Pengadaan Mutasi dan Data BKPSDMD Pangkalpinang, Fahrizal 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) jangan dulu bersenang hati.

Pasalnya, untuk menjadi aparatur sipil negara, masih harus melewati tes selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kabid Perencanaan, Pengadaan Mutasi dan Data BKPSDMD Pangkalpinang, Fahrizal, mengatakan, pelamar yang lulus tes SKD harus bertarung pada tes SKB dan kedua tes tersebut akan diakumulasikan.

Dia mengatakan, nilai SKD menentukan 60 persen dan ditambah 40 persen perolehan nilai SKB. Setelah itu, baru diakumulasikan dan ditetapkan pelamar yang lolos menjadi aparatur sipil negara.

"Yang lulus passing grade lanjut ke SKB kalau formasi tersebut dirangkingkan passing gradenya, maka dicari tiga formasi nilai tertinggi," ujar Fahrizal, Rabu (5/2/2020).

Untuk menetapkan nama-nama yang lanjut ke tes SKB, dilakukan konsolidasi dan nama tersebut diajukan ke pusat. Baru dilanjutkan dengan tes SKB. Fahrizal menyebut, meskipun nilai pelamar telah mencapai nilai ambang batas, namun apabila diatasnya masih terdapat nilai tertinggi, maka pelamar dengan nilai tinggi tersebut yang diambil karena sesuai dengan tiga formasi tertinggi.

Selain itu, dia mengatakan, untuk lulus SKD pelamar tidak hanya harus memperoleh poin yang tinggi, tapi per tes (TIU, TWK dan TKP) harus lolos mencapai nilai ambang batas yakni TWK 65 poin, TIU 85 poin dan TKP 126 poin.

Hari ini pelamar untuk penempatan Pemerintah Kota Pangkalpinang melakukan tes SKD, terbagi menjadi lima sesi yang dimulai pada pukul 08.00 WIB, di UPT BKN Pangkalpinang.

Satu sesi terdiri dari 100 pelamar dan menempati satu ruangan. Pelamar diwajibkan datang satu jam sebelum jadwal tes berlangsung karena ada tahapan yang harus diikuti sebelum masuk ke ruang ujian. Meliputi registrasi nomor, scan kartu ujian, peletakan barang diloker, simulasi dan body checking sebelum masuk ke ruangan.

Mereka juga dilarang membawa benda apapun ke dalam ruangan kecuali kartu peserta dan KTP.

(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis:
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved