Berita Bangka Tengah

Tahun Ini DLH Bangka Tengah Swakelola PKK Petugas Kebersihan

Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Tengah melakukan swakelola terkait Pekerja Kontrak Kegiatan (PKK) petugas kebersihan

Tahun Ini DLH Bangka Tengah Swakelola PKK Petugas Kebersihan
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kabid Pengelolaan Persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Bateng, Rusdi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Tahun ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Tengah melakukan swakelola terkait Pekerja Kontrak Kegiatan (PKK) petugas kebersihan, setelah sebelumnya melibatkan pihak ketiga.

Hal ini disampaikan Oleh Kabid Pengelolaan Persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Bateng, Rusdi. Ia menambahkan jika saat ini jumlah petugas kebersihan di Bateng berjumlah 68 orang petugas kebersihan.

"Karena wilayah kita cukup luas kita bagi tempat-tempatnya, seperti di Koba 51 orang, Terentang 9 orang, 2 orang di Hutan Pelawan Namang, dan 6 orang bertempat di RTH Kolong beguruh," ujar Rusdi, Rabu (5/2) kepada Bangkapos.com di ruangannya.

Rusdi juga menilai jika sistem swakelola saat ini, lebih efektif dalam hal koordinasi jika dibandingkan dengan melibatkan pihak ketiga seperti kemarin.

"Kalau dulu misalkan petugas kebersihan tersebut tugasnya hanya di komplek perkantoran, ketika kita minta tolong, katakanlah ada sampah yang masih menumpuk di suatu lokasi, mereka akan banyak alasan, seperti sudah habis jam kerja, sudah ga ada lagi orang, itu pengalaman tahun kemarin," jelasnya.

Namun berbeda jika dengan swakelola saat ini, teman-teman di lapangan selalu kooperatif untuk membantu ketika kita minta tolong di luar jam kerja mereka.

Sehingga jika ada sampah yang menumpuk banyak dan perlu segera dieksekusi, kita tinggal menghubungi ketua rombongannya untuk meminta tolong.

Dalam hal kinerja, Rusdi juga menilai PKK swakelola ini juga lebih efektif, seperti pada saat pergantian tahun baru 2020 kemarin, sampah yang biasanya banyak berhamburan bisa dibersihakan dengan lebih cepat.

Ia juga menambahkan jika para petugas kebersihan ini bekerja selama 6 hari dalam satu minggu, mulai dari jam 07.00 WIB - 14.00 WIB. Dan semua peralatan kerja sudah dipersiapkan oleh pihaknya, sehingga para petugas kebersihan bisa lebih fokus dalam bekerja, dikarenakan tidak perlu membawa peralatan sendiri.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved