Breaking News:

Dinas Kominfo Bangka Belitung Bersama Relawan TIK Kembali Lakukan Literasi Digital Kalangan Remaja

“Memanfaatkan Teknologi Untuk Mencapai Cita-cita” kepada siswa pelajar SMP 5 Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Diskominfo Babel
Dinas Kominfo Bersama Relawan TIK Kembali Lakukan Literasi Digital Kalangan Remaja, Rabu (5/2) 

PANGKALANBARU – Dewasa ini, internet telah menjangkau berbagai kalangan. Kawula muda merupakan kalangan yang sering bersinggungan dengan internet. Melalui gawai pintar yang mereka miliki, maka akan sangat mudah dalam mengakses dan mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Untuk itu dalam rangka literasi digital di kalangan remaja, khususnya para pelajar tingkat pertama atau SMP. Pemerintah kerap melakukan kegiatan literasi digital, dalam rangka mengajarkan penggunaan teknologi internet yang sehat di kalangan remaja.

Seperti yang dilakukan oleh Relawan TIK binaan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hari ini Rabu (05/11). Relawan TIK kembali turun untuk memberikan bimbingan terkait penggunaan teknologi IT yang mengangkat tema “Memanfaatkan Teknologi Untuk Mencapai Cita-cita” kepada siswa pelajar SMP 5 Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Bidang Pemberdayaan TIK, Statistik, dan Persandian, Diskominfo Pemprov Kep. Bangka Belitung, Zaiyuni menyatakan bahwa mereka memilih kalangan remaja khususnya pelajar SMP untuk menjadi kelompok utama dari program literasi digital yang telah dicanangkan pemerintah, mengingat dari segi faktor psikologi kalangan remaja ditinjau sangat rentan terhadap terpaan informasi yang berasal dari akses jaringan internet melalui gawai pintar yang mereka miliki.

“Ibu harapkan kalian (para peserta--red), mengikuti kegiatan bimbingan ini dengan baik, karena dengan ini ibu harapkan kalian dapat tahu dan paham bagaimana menggunakan internet secara sehat itu, karena banyak peristiwa yang dialami remaja menjadi korban oleh karena penggunaan internet yang tak sehat,” tutur Zaiyuni.

Zaiyuni menambahkan, ketergantungan akan game online, penggunaan media daring yang tak pada peruntukannya, cyber bully, serta informasi HOAX merupakan sejumlah persoalan yang rentan dialami dan terjadi di kalangan remaja. Untuk itu, kegiatan ini bertujuan agar menjaga generasi remaja, khususnya kalangan pelajar SMP yang menjadi fokus perhatian dari program kegiatan pemberdayaan TIK yang dilakukan oleh pemerintah, seperti halnya dalam kegiatan literasi digital ini. (Diskominfo Babel/Stevani/Listya)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved