Breaking News:

Advertorial

Gubernur Serahkan Rumah Layak Huni, Relokasi Korban Banjir Dusun Merante

Gubernur Erzaldi Rosman juga menagih janji pada saat awal pembangunan kepada warga setempat, warga bergotong royong membangun masjid di tempat

Diskominfo Babel
Serah Terima Bantuan Rumah Relokasi Bencana Banjir dan Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di Dusun Merantih, Desa Selingsing, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (6/2/2020). 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, melanjutkan kunjungannya di Pulau Belitung, dengan Kegiatan Serah Terima Bantuan Rumah Relokasi Bencana Banjir dan Bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni, di Dusun Merantih, Desa Selingsing, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (6/2/2020).

Gubernur Erzaldi Rosman, pada saat menyerahkan bantuan mengatakan, ini adalah kali kedua kedatangannya ke tempat ini. Setelah beberapa waktu pembangunan dilaksanakan, pada hari ini akhirnya diserahkan rumah sebagai bantuan relokasi korban banjir pada tahun 2017 yang terjadi di Dusun Merante dan Canggu di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Beliau meminta dengan penyerahan rumah ini, para warga jangan lagi ada yang kembali ke tempat semula. Oleh sebab itu, beliau memerintahkan camat setempat untuk mendata dan mengalihfungsikan lokasi dusun sebelumnya untuk bercocok tanam.

Gubernur Erzaldi Rosman juga menagih janji pada saat awal pembangunan kepada warga setempat, yaitu, warga bergotong royong membangun masjid di tempat ini. Namun, pada kunjungannya saat ini belum terlihat masjid yang dimaksud. Oleh sebab itu, beliau berharap agar masjid segera dibangun di tempat ini dengan bantuan pemerintah dan swadaya masyarakat.

Beliau juga meminta kepada warga agar merawat dan menjaga kebersihan komplek perumahan ini.

Pengelolaan sampah dilakukan dengan cara membedakan antara sampah organik dan anorganik. Untuk sampah anorganik dapat dibangun bank sampah dengan tujuan untuk menjaga lingkungan sekaligus menambah penghasilan, selanjutnya akan ada bantuan transportasi untuk mengangkat dan membersihkan sampah.

Program rumah layak huni merupakan program unggulan rutin Dinas Perumahan dan Permukiman Bangka Belitung. Jumlah rumah layak huni yang telah mereka bangun sejak tahun 2018 sebanyak 60 unit, untuk tahun 2019 sebanyak 40 unit, sedangkan rumah penduduk yang terkena dampak banjir tahun 2018 dibongkar dan diperbaiki seluruhnya sejumlah 15 unit, dan untuk di tahun 2019 sebanyak 29 unit .

Untuk tahun 2020 di kawasan buka baru, perumahan ini akan diberikan sarana umum seperti jalan, gorong-gorong, serta pipa air bersih. Program rumah layak huni ini juga berlaku dan tersebar di seluruh Kabupaten/Kota se-Babel. (Diskominfo Babel)

Penulis : Lulus/Abu Hasan
Editor : Listya

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved