TATA Cara Sholat Jenazah dan Rukun Bagi Umat Muslim Sesuai Tuntunan Agama

Maka ketika salah seorang di suatu tempat sudah melaksanakannya maka kewajiban sudah gugur bagi orang lain. Meski demikian, melaksanakan salat jenazah

TATA Cara Sholat Jenazah dan Rukun Bagi Umat Muslim Sesuai Tuntunan Agama
wajibacca.com
Ilustrasti Tata cara salat jenazah 

BANGKAPOS.COM-Bagi setiap umat Islam ketika ada saudaranya yang meninggal dunia mereka berkewajiban mengurus jenazahnya.Karena bagi sesama umat Muslim hukum dalam mengurus jenazah adalah fardhu kifayah.

Dilansir dari wisatanabawi.com pengertian dari hukum dari fardhu kifayah artinya bila di antara mereka umat Islam ada yang mengurus dengan baik. Mulai dari memandikan, mengkafani, mensalatkan sampai dengan menguburkan jenazah.

Maka ketika salah seorang di suatu tempat sudah melaksanakannya maka kewajiban sudah gugur bagi orang lain. Meski demikian, melaksanakan salat jenazah tetap merupakan suatu anjuran bagi setiap muslim.

Namun apabila di antara mereka tidak ada yang mengurusi jenazah yang meninggal, maka semuanya mendapatkan dosa.
Sebagaimana Sabda Rasulullah Sallallahu 'Alaihiwasallam :

“Segerakanlah mengubur jenazah, apabila dia orang baik berarti kamu mempercepat mengantar dia kepada kebaikan. Apabila dia orang jahat berarti kamu sama dengan menyingkirkan bencana kepada dirimu.” (HR.Muslim).

Sedangkan untuk Keutamaan Salat Jenazah sebagaimana yang telah di perintahkan Nabi Muhammad dalam haidits Muslim.

Rasulullah bersabda :

مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ وَلَمْ يَتْبَعْهَا فَلَهُ قِيرَاطٌ فَإِنْ تَبِعَهَا فَلَهُ قِيرَاطَانِ. قِيلَ وَمَا الْقِيرَاطَانِ قَالَ أَصْغَرُهُمَا مِثْلُ أُحُدٍ

Artinya : “Barang siapa menshalatkan jenazah dan tidak mengiringinya (ke pemakaman), ia akan memperoleh pahala sebesar satu qirath. Jika dia juga mengiringinya (hingga pemakamannya), ia akan memperoleh dua qirath.”

Ditanyakan, “Apa itu dua qirath?” Beliau menjawab, “Yang terkecil di antaranya semisal Gunung Uhud.” (HR. Muslim)
Dari hadist diatas dapat dipahami kalau sholat Jenazah memiliki keutamaan yang luar biasa. Bagi yang mengusrusi jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkannya dengan layak, akan mendapat pahala sebesar 2 qirath.

Dua qirath adalah sekitar sebesar gunung uhud. Sangat luar biasa pahalanya bagi yang mau mengurus jenazah kaum muslim di sekitartnya.

Halaman
1234
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: ediyusmanto
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved