Berita Pangkalpinang

Andre Rosiade Pertanyakan Timah yang Bocor ke Malaysia dan Thailand Saat Berkunjung ke PT Timah Tbk

Andre menyarankan agar PT Timah untuk selalu berkoordinasi dengan Mabes Polri dan Panglima TNI untuk mengatasi permasalahan ini.

Andre Rosiade Pertanyakan Timah yang Bocor ke Malaysia dan Thailand Saat Berkunjung ke PT Timah Tbk
Bangkapos.com / Riki Pratama
Anggota DPR RI Komisi VI melakukan kunjungan kerja spesifik peninjauan ke kantor PT. Timah, pada Jumat (7/2/2020) di gedung pertemuan PT Timah. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Anggota DPR RI Komisi VI Andre Rosiade, menanyakan terkait permasalahan yang sering terjadi di PT Timah Tbk seperti produksi timah yang dianggap selalu bocor ke Malaysia dan Thailand serta permasalahan aktivitas tambang berpolemik dengan masyarakat.

Ini Andre Rosiade sampaikan saat rombongan Komisi VI DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik peninjauan ke kantor PT. Timah Tbk, di Pangkalpinang, Bangka Belitung Jumat (7/2/2020).

Pertemuan pada kunjungan ini digelar di gedung pertemuan PT Timah dan diterima langsung oleh Direktur Utama dan Direksi PT Timah. 

"Kalau kita baca dan ikuti, masalahnya selalu itu itu saja, bahwa tadi berdasarkan persentasi Malaysia memproduksi timah, Thailand juga, padahal kita tahu mereka tidak menambang, pasti timah dari Bangka, kenapa ini selalu bocor," ujar Andre Rosiade pada pertemuan itu.

Andre menyarankan agar PT Timah untuk selalu berkoordinasi dengan Mabes Polri dan Panglima TNI untuk mengatasi permasalahan ini.

"Harus berkoordinasi segera dengan Masbes Polri agar jangan sampai kebocoran lagi karena ini masalah serius, karena ini bocor, tetunya berdampak pada pajak berkurang, royalti berkurang dan ke Babel tidak mengalir keuntungan," ujar Politikus Gerindra ini

Selain itu, Andre Rosiade juga menambahkan, terkait masalah polemik di masyarakat, hal ini ke depan harus ada solusi.

"Silakan mayarakat ingin menabang diatur, kita wajibkan untuk menjual ke PT Timah Tbk, saya berharap dibikin aturan bahwa masyarakat dilibatkan untuk menikmati sumber daya alam, mereka harus ada aturan main menjual harus ke PT Timah," tuturnya.

"Kita harus tegas ajak pak Kapolri dan Panglima TNI ada yang nakal oknum, pasti ada, selalu kecolongan dan kepada masyarakat libatkan saja biar masyarakat menikmati dan PT Timah bisa untung," ujarnya.

6 Fakta Mencengangkan Kapal Cepat Penyelundup Miras , Harganya Setara Dua Mobil Dinas Menteri Jokowi

Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, dalam kesempatan itu , memaparkan profil serta permasalahan yang sering terjadi di perusahaan plat mereah ini.

Misalnya, terkait aktivitas pertambangan timah ilegal.

"Permasalahan aktivitas illegal mining di IUP PT Timah, dampak kerusakan lingkungan, masih menjadi permasalahan," ujar Riza Pahlevi dalam pertemuan tersebut

Riza juga menjelaskan apa yang telah dilakukan PT Timah dalam upaya melakukan manfaat pemberdayaan kepada masyarakat.

Termasuk ranking perusahaan tersebut sebagai penghasil timah kedua setelah negara China. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved