Berita Pangkalpinang

Kata Bea Cukai Pangkalpinang Terkait 12 Ribu Botol Miras Merek Luar Negeri yang Diamankan Polda

Jika memang ditemukan pelanggaran terhadap peraturan cukai pada kasus ini, pihaknya siap membantu aparat yang berwenang.

Kata Bea Cukai Pangkalpinang Terkait 12 Ribu Botol Miras Merek Luar Negeri yang Diamankan Polda
bangkapos.com / Suhardi Wiranata
Suharyanto, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Beacukai Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pangkalpinang, Suharyanto menyebutkan secara umum, ada tiga barang yang dikenakan pungutan negara sebagai barang kena cukai, yaitu etil alkohol, minuman mengandung etil alkohol, dan hasil tembakau.

Ini ia sampaikan terkait adanya sekitar 12 ribu minuman keras (miras) kemasan botol merek terkenal asal luar negeri yang diduga ilegal dan berhasil diamankan jajaran Ditpolairud Polda Bangka Belitung baru-baru ini. 

"Saat ini secara umum barang yang dikenakan biaya cukai, yaitu etil alkohol, minuman yang mengandung etil alkohol, dan hasil tembakau," kata Suharyanto kepada bangkapos.com, Jumat (7/02/20).

Hanya saja, Suharyanto mengatakan pihak Bea Cukai belum berani mengatakan miras yang diamankan tersebut ilegal.

Jika memang ditemukan pelanggaran terhadap peraturan cukai pada kasus ini, pihaknya siap membantu aparat yang berwenang.

"Memang kita ketahui minuman tersebut mengandung etil alkohol, hanya saja kami tidak berani menduga- duga apakah minuman tersebut legal atau ilegal. Jika memang ditemukannya pelanggaran Cukai, kami siap untuk membantu," lanjutnya.

Suharyanto mengatakan, pihak Bea Cukai sendiri baru mengetahui adanya penangkapan ini setelah adanya rilis Polda Babel, Rabu (5/2/2020) lalu.

"Kami tidak terlibat dalam operasi tersebut, Sementara kan berdasarkan rilis dari Polairud, mereka (Nahkoda dan ABK) melanggar UU Pelayaran," ujar Suharyanto.

Sebelumnya diberitakan, Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil menangkap kapal 'hantu' yang bermuatan minuman alkohol asal luar negeri.

6 Fakta Mencengangkan Kapal Cepat Penyelundup Miras , Harganya Setara Dua Mobil Dinas Menteri Jokowi

Penangkapan ini dipimpin oleh Kasubdit Gakkum Dirpolairud Kompol Ade Zamrah bersama Ipda Iptu Asmadi menggunakan helikopter Ditpaorlairud dengan Kapten heli Kompol Ari.

Diketahui kapal tersebut bertolak dari Batam dengan tujuan Lampung via Selat Bangka.

Dari penangkapan tersebut, kapal yang membawa 1.000 dus miras merk terkenal luar negeri yang diperkirakan mencapai 12.000 botol berikut satu kapten dan 7 ABK diamankan petugas.  (Bangkapos.com/ Suhardi Wiranata)

Penulis: Suhardi Wiranata
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved