Berita Pangkalpinang

Kekurangan Alat Kesehatan, RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang Harus Rujuk Pasien ke Mitra

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang masih banyak kekurangan alat kesehatan.

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Direktur RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Fauzan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang masih banyak kekurangan alat kesehatan.

Dua di antaranya yang dianggap paling penting seperti CT Scan dan MRI. Sayangnya lantaran keterbatasan anggaran, alat kesehatan tersebut belum dapat terpenuhi meskipun mengajukan melalui APBD Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Direktur RSUD Depati Hamzah, dr Muhammad Fauzan mengatakan karena kekurangan alat kesehatan pihaknya selalu merujuk pasien ke rumah sakit mitra.

Hal ini tentunya berdampak pada keuangan rumah sakit. dr Fauzan menyebut biaya atas rujukan ke rumah sakit mitra itu harus dibayar tunai.

"Klaim BPJS diterima atau tidak, yang pastinya kami harus bayar cash ke mitra tersebut. Nah sedangkan BPJS pun baru bayar klaim sampai  Juli 2019 sehingga berpengaruh pada keuangan di rumah sakit," ujar dr Fauzan, Jumat (7/2/2020).

Untuk memenuhi alat kesehatan berupa CT Scan dan MRI, kucuran dana yang dibutuhkan tak sedikit.

Satu alat kesehatan membutuhkan biaya Rp 15 miliar. Fauzan menyebut pihaknya akan berupaya mengejar dana dari pemerintah pusat untuk pemenuhan alat kesehatan.

Sebab dengan mengandalkan APBD tentu tidak dapat terlaksanakan karena anggaran pemerintah kota harus memenuhi skala prioritas lainnya.

Keterbatasan alat kesehatan berpengaruh pada ruangan operasi di rumah sakit. Di gedung baru rumah sakit terdapat enam kamar operasi.

Namun hanya dua kamar yang berfungsi dan digunakan, lantaran belum tersedianya alat karena keterbatasan anggaran.

"Untuk satu ruangan operasi saja bisa mengeluarkan anggaran Rp 10 miliar. Jadi kami upayakan bertahap untuk pemenuhan ini," katanya.

Fauzan menuturkan pihaknya sudah mengusulkan untuk penambahan pengoperasian di dua ruangan untuk tahun depan.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved