Berita Pangkalpinang

Rudianto Tjen; Empat Pilar Kebangsaan, Pemersatu Keberagaman Harus Kita Jaga Bersama

Rudianto Tjen mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberagaman yang ada di Bangka Belitung.

Ist/Rudianto Tjen
Anggota DPR RI Rudianto Tjen saat menggelar sosialisasi empat pilar di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (8/2/2020). 

Rudianto Tjen: Empat Pilar Kebangsaan, Pemersatu Keberagaman Harus Kita Jaga Bersama

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Rudianto Tjen mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberagaman yang ada di Bangka Belitung.

Ajakan ini disampaikannya untuk menerapkan nilai dan falsafah dari empat pilar kebangsaan yang selama ini telah dipegang teguh bangsa dan negara.

Bagi Rudianto Tjen, penerapan empat pilar tersebut dinilai sangat mampu menghadirkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, termasuk di Provinsi Babel.

"Saya yakin, kalau kita masyarakat Bangka Belitung menerapkan empat pilar bangsa dan negara yang kita miliki, maka persatuan dan kesatuan bangsa negara kita ini akan terwujud, saya harapkan masyarakat kita menerapkan itu," kata Rudianto Tjen saat menggelar sosialisasi empat pilar di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Sabtu (8/2/2020).

Anggota Legislatif empat periode tersebut merincikan secara detil dan mendalam mengenai nilai dan falsafah yang terkandung dalam setiap pilar kebangsaan, mulai dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tinggal Ika.

Politisi PDI-Perjuangan itu juga menceritakan perjuangan para pendahulu bangsa. Ia menilai, para pejuang telah mencontohkan bagaimana keberagaman berhasil menyatukan rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Diakuinya, keberhasilan tersebut, tidak terlepas dari penerapan nilai dan falsafah empat pilar kebangsaan.

"Para pendahulu bangsa sudah memberikan contoh, beda suku, bahasa, budaya dan agama. Akan tetapi para pendahulu kita bisa bersatu. Pancasila sudah mengajarkan bagaimana para pendahulu bisa rukun, ini yang harus kita contohkan berbeda-beda tapi tetap satu," kata politisi senior itu.

Oleh karena itu, Rudianto mengajak masyarakat bisa mengikuti jejak para pendahulu dalam menerapkan nilai dan falsafah tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dia meyakini, jika nilai dan falsafah tersebut dipraktekkan oleh masyarakat Babel, maka Negeri Serumpun Sebalai akan menjadi daerah yang makmur dan sejahtera.

"Saya sangat yakin, jika kita menerapkan nilai pancasila dan mengijuti jejak para pendahulu, Bangka Belitung ini akan menjadi provinsi yang makmur dna sejahtera,"kata Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.(Bangkapos.com/Iwan Satriawan)

Penulis: Iwan S (Wan)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved