Berita Pangkalpinang

Ketua KONI Tak Ingin Atlet Tersingkir dari Kontingen Bangka Belitung, Elfandi: Tingkatkan Kemampuan

Gelar Pelatda (Peserta Pemusatan Latihan Daerah) menuju PON 2020, KONI Provinsi Bangka Belitung siapkan program khusus untuk atlet

Ketua KONI Tak Ingin Atlet Tersingkir dari Kontingen Bangka Belitung, Elfandi: Tingkatkan Kemampuan
bangkapos.com/Rizky Pahlevy
Suasana Pelatda 88 atlet kontingen Bangka Belitung menuju PON 2020, Minggu (09/02/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gelar Pelatda (Peserta Pemusatan Latihan Daerah) menuju PON 2020, KONI Provinsi Bangka Belitung siapkan program khusus untuk atlet, Minggu (09/02/2020).

Ditemui Bangkapos.com di LPMP Provinsi Bangka Belitung, Ketua KONI Provinsi Bangka Belitung Elfandi, mengungkapkan akan melakukan pelatihan intensif terhadap 88 atlet.

"Jadi gak hanya sekarang saja tapi yang sekarang ini awal pelatihan, untuk persiapan PON sembilan bulan kedepan. Nanti itu kita programkan sekitar tiga bulan lagi, akan ada tes seperti ini," ujar Ketua KONI Provinsi Bangka Belitung

Selain itu Elfandi juga menjelaskan tes fisiknya sama namun berbeda penilaian dari setiap cabang olahraga.

"Kita tes banyak ada 13 tes, jadi akan berbeda tentunya. Berbeda itu seperti tes agility untuk pemain basket, lalu fisik ketahanan kaki untuk Atletik jadi semua kita tes dan kita nilai perkembangan," tuturnya.

Para atlet diharapkan terus meningkatkan kemampuan, jika tak ingin terlempar dari kontingen Bangka Belitung.

"Saya tidak mau ada atlet yang tersingkir, kita ini pantau tiap hari. Jangan ada yang menurun, karena bisa saya tersingkir apalagi untuk nomor-nomor yang bukan berdasarkan nama. Seperti sepakbola mereka harus diatas rata-rata, karena kalau ada pemain yang kurang bisa saja dia digantikan," lanjutnya.

Beberapa atlet melakukan tes fisik jelang PON 2020, Minggu (09/02/2020).
Beberapa atlet melakukan tes fisik jelang PON 2020, Minggu (09/02/2020). (bangkapos.com/Rizky Pahlevy)

Tes Fisik VO2Max

Jelang PON 2020 di Papua, 88 atlet kontingen Bangka Belitung gelar latihan fisik di LPMP Provinsi Bangka Belitung, Minggu (09/02/2020).

Terdapat 88 atlet dari 18 cabang olahraga yang mengikuti tes fisik untuk persiapan menjelang sembilan bulan menuju PON pada Oktober 2020.

Tes fisik yang diselenggarakan oleh KONI Provinsi Bangka Belitung, yaitu tes fisik VO2Max (kemampuan menangkap oksigen).

VO2Max dilakukan dengan melakukan lari sepanjang 50 meter, dengan bolak-balik hingga peserta mampu berlari sampai kepada batasnya.

Atlet atletik Roby Sianturi saat wawancara dengan bangkapos.com, mengaku dapat beradaptasi dengan tes fisik yang dilakukannya.

"Tadi dapat 13 lebih, jadi 13 kali 10 bolak-balik ya dapet 130 lari bolak-balik. Lumayan lah bang dapat segitu, terakhir kayak gini SMP itu dapat 10 kali," ujar Roby Sianturi.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved