Berita Pangkalpinang

Lomba Kebersihan Kelurahan, Tiga Indikator Turut Jadi Penilaian

Kelurahan Terbersih dan Terjorok se-Kota Pangkalpinang akan diumumkan seusai Dinas Lingkungan Hidup melakukan penilaian

Lomba Kebersihan Kelurahan, Tiga Indikator Turut Jadi Penilaian
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Endang Supriyadi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kelurahan Terbersih dan Terjorok se-Kota Pangkalpinang akan diumumkan seusai Dinas Lingkungan Hidup melakukan penilaian, berdasarkan beberapa item yang menjadi indikator.

Penilaian ini terbagi atas beberapa kriteria, seperti permukiman, jalan, perkantoran terutama kantor lurah dan perairan terbuka, termasuk sungai maupun saluran air dan beberapa indikator lainnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Endang Supriyadi, mengatakan, pihaknya membentuk tim untuk melakukan penilaian ke kelurahan tersebut. Kriteria penilaian ini sebenarnya diadopsi dari penilaian adipura, hanya saja ada beberapa yang diambil dan menyesuaikan dengam kondisi wilayah.

"kami bikin skema penilaian dan sosialisasi ke kelurahan. Jadi kami hanya pelaksana teknis dan menyampaikan hasil, selebihnya ada pengarahan dari wali kota, wakil wali kota maupun sekda yang turut membantukan menentukan," ujar Endang, Minggu (9/2/2020).

Dia menuturkan, estimasi selesai penilaian ke 42 kelurahan memakan waktu sekitar satu bulan. Adapun kriteria penilaiannya meliputi area pemukiman dan area jalan, dengan tidak ditemukannya sampah dan gulma atau sangat bersih. Indikator ini dinyatakan sangat baik apabila mencapai kondisi tidak ditemukannya sampah. Sedangkan, kata Endang, sampah bertumpuk dan berserakan menjadi nilai terendah atau sangat jelek.

"partisipasi juga menjadi penilaian yang disertakan. Tim akan turun sewaktu-waktu untuk melakukan penilaian," katanya.

Lomba kebersihan kelurahan ini merupakan inisiasi Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, untuk melihat partisipasi masyarakat dan aparat pemerintah setempat untuk menjaga lingkungannya. Lomba ini sudah berlangsung sekitar tiga bulan lalu.

Molen nanti akan mengumumkan kelurahan mana yang mendapat predikat terbersih dan terjorok. Kedua kelurahan yang mendapatkan predikat ini akan diganjar dengan hadiah pemasangan bendera di kantor kelurahannya selama enam bulan.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved