Berita Sungailiat

Nelayan Sungailiat Lagi Panen Ikan Duri, Sekali Tangkap Bisa Belasan Ton

Hasil tangkap dijual ke pedagang pengumpul atau tengkulak, yang kemudian didistribusikan ke berbagai pasar lokal di daerah

Nelayan Sungailiat Lagi Panen Ikan Duri, Sekali Tangkap Bisa Belasan Ton
IST
Tampak Ikan Duri hasil tangkapan Nelayan Sungailiat di Perairan Airkantung Sungailiat Bangka, Senin (10/2/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejumlah Nelayan Sungailiat Bangka bersuka-ria. Sebab musim tangkap ikan duri sudah tiba di laut ini.

Tak heran jika sedang beruntung, dalam satu kapal nelayan bisa dapat ikan duri dalam jumlah belasan ton.

Berikut penjelasan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan ditemui Bangka Pos, Senin (10/2/2020).

"Pagi tadi saya dapat informasi dari rekan-rekan nelayan bahwa mereka (sejumlah nelayan) panen ikan duri di Perairan Laut Airkantung Sungailiat, kisaran satu mill dari pantai, tepatnya lokasi eks kapal keruk. Nelayan yang beruntung hari ini antara lain nelayan Kapal KM Naura, Nahkoda Acok," kata Ridwan.

Lokasi perairan yang dimaksud, menurut Ridwan sebelumnya pernah ditambang oleh kapal keruk.

Bekas penambangan menimbulkan lumpur, yang kemudian memancing keberadaan plankton sebagai sumber makanan bagi berbagai jenis ikan, termasuk ikan duri.

"Itu wilayahnya berlumpur (bekas tambang). Nah, ikan duri ini paling senang bermain di air yang berlumpur karena banyak plankton sumber makanan sehingga banyak ikan duri berkumpul di situ," kata Ridwan memastikan imbasnya nelayan pun mendapat hasil tangkap melimpah.

TONTON VIDEONYA:

Sementara itu pada musim tangkap tahun sebelumnya, tercatat sekitar 130 ton ikan duri yang berhasil dijaring oleh Nelayan Sungailiat di perairan ini.

Hasil tangkap dijual ke pedagang pengumpul atau tengkulak, yang kemudian didistribusikan ke berbagai pasar lokal di daerah.

"Musim tangkap tahun kemarin, nelayan di Sungailiat tercatat berhasil mendapatkan sekitar 130 ton ikan duri. Itu dalam satu tahun ada beberapa space (jarak waktu) atau bulan musim panen atau musim tangkap ikan duri. Jadi tidak setiap bulan dalam setahun bisa panen ikan duri. Hanya pada masa dan lokasi tertentu saja, tepatnya saat gelombang naik dan teduh, nelayan panen," katanya.

Yang jelas katanya, dalam satu kapal nelayan ukuran besar, jika sedang beruntung bisa mendapatkan ikan duri hingga belasan ton sekali melaut.

"Ikan duri dijual ke tengkulak (pedagang pengumpul) harga kisaran Rp 13 Ribu sampai Rp 15 Ribu perkg. Tapi kalau harga jual pedagang di pasaran bebas (ke konsumen) harga bisa lebih dua puluh ribu rupiah perkg," jelas Ridwan seraya menyebut ikan duri ditangkap nelayan menggunakan alat tangkap mini pursen atau jaring lingkar.(bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved