Berita Bangka Tengah

Pemkab Bangka Tengah Raih SAKIP Predikat B untuk Kedua Kalinya

Ibnu mengatakan dengan diterimanya penghargaan ini dua kali berturut-turut, Kabupaten Bangka Tengah akan terus berbenah dan melalukan perbaikan dan in

Pemkab Bangka Tengah Raih SAKIP Predikat B untuk Kedua Kalinya
Ist/Humas Bateng
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh saat menerima penghargaan SAKIP pemerintah kabupaten/kota wilayah I tahun 2019 di di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Senin (10/2/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan menyerahkan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pemerintah kabupaten/kota wilayah I tahun 2019 di di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Senin (10/2/2020).

Satu diantara kabupaten yang menerima penghargaan SAKIP ini adalah Kabupaten Bangka Tengah yang mana penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Bateng Ibnu Saleh, yang diserahkan langsung pula oleh Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang berarti secara berturut-turut Pemerintah Kabupaten Bateng memperoleh predikat B untuk yang kedua kalinya.

"Alhamdulillah, dari penilaian yang sudah dilakukan oleh Kementerian PANRB, hasilnya Bangka Tengah mendapat predikat nilai B,” ujar Ibnu, Senin (10/2) 

Ibnu mengatakan dengan diterimanya penghargaan ini dua kali berturut-turut, Kabupaten Bangka Tengah akan terus berbenah dan melalukan perbaikan dan inovasi kedepan. 

"Bukan persoalan mudah untuk mempertahankan predikat B ini sebab ada beberapa kabupaten/kota yang mengalami down grade (turun level). Saya memberikan apresiasi kepada seluruh OPD dan ASN yang memiliki dedikasi tinggi untuk mempertahankan prestasi ini," pujinya.

Ibnu Saleh mengatakan jika penerapan SAKIP merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Sebanyak 185 Pemerintah Daerah (Pemda), yang terdiri atas 11 provinsi dan 174 kabupaten dan kota di Wilayah I diberikan hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya.

Setiap tahun Kementerian PANRB rutin melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemda untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved