Berita Pangkalpinang

Ada Kenaikan, Ini Penjelasan Lengkap Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung Soal Dana BOS

dana operasional sekolah (BOS) yang didapatkan berasal dari APBN pusat yang diberikan ke rekening sekolah masing-masing

Ada Kenaikan, Ini Penjelasan Lengkap Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung Soal Dana BOS
Bangkapos/Riki Pratama
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, M Soleh. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat Sekolah, SD, SMP dan SMA mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, M Soleh, mengatakan, dana operasional sekolah (BOS) yang didapatkan berasal dari APBN pusat yang diberikan ke rekening sekolah masing-masing.

"Untuk dana BOS berasal dari pusat Kas Negara langsung dikirimkan ke rekening sekolah masing-masing, dengan penyaluran tiga tahap, pertama 30 persen, kedua 40, dan ketiga 30,"ungkap M Soleh kepada wartawan, Selasa (11/2/2020).

M Soleh menjelaskan, anggaranya yang naik seperti untuk sekolah tingkat SD dari Rp 800.000 menjadi Rp 900.000 dana BOS per siswa, SMP dari Rp 1.000.000 menjadi Rp1.100.000, SMA dari Rp 1.400.000 menjadi Rp 1.500.000, sementara untuk SMK tetap Rp 1.600.000 dan SLB tetap Rp 2.000.000 persiswa per tahun.

"Untuk dana bos itu ada kreteria yakni dana BOS reguler, BOS Afirmasi untuk sekolah di daerah 3T (terdepan,terluar dan tertinggal) dan dana BOS untuk kinerja sekolah yang dianggap kinerjanya baik,"kata Soleh.

Soleh menegaskan dana yang diberikan untuk Operasional Sekolah, diberikan berdasarkan jumlah siswa yang sekolah di tempat tersebut.

"Naik tahun ini, dana seluruh siswa karena biaya operasional berdasarkan jumlah siswa di sekolah tersebut yang diambil dari data akhir bulan Desember,"tuturnya.

Ia menjelaskan, anggaran BOS tentunya harus digunakan sebagaimana fungsinya, karena diawasi oleh instansi terkait untuk setiap sekolah yang menggunakan anggaran tersebut.

"Dari Inspektorat kita rutin mengawasi termasuk oleh BPK dalam penggunaan anggaran tersebut. Tentunya dalam penggunaan angaran tersebut kita upayakan Kepala Sekolah memanfaat dan menggunakan dana sekolah sesuai dengan aturan ketentuan yang berlaku, melihat pedomani jangan di luar itu. Petunjuk telah disampaikan, jadi aturan dan petunjuk teknis sudah jelas,"harapnya.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung, Dody Kusdian, mengatakan, dengan terjadinya kenaikan dana BOS diharapkan sesuai dengan kondisi inflasi di Provinsi Bangka Belitung.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved