Berita Belitung

Ular Sanca Dua Meter Nyelonong Masuk ke Halaman Rumah Dinas Bupati Belitung

Seperti kejadian Senin (10/2/2020) malam tadi seekor ular nyelonong masuk ke bagian halaman depan Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Belitung.

Ular Sanca Dua Meter Nyelonong Masuk ke Halaman Rumah Dinas Bupati Belitung
Ist/dok riko pribadi
Petugas Damkar BPBD Kabupaten Belitung, Senin (10/2/2020) malam ketika menangkap ular sanca di halaman rumdin Bupati Belitung. 

BANGKAPOS.COM--Pada musim pancaroba dari kemarau ke musim hujan ini menyebabkan banyak ular yang berkembang biak. Ular-ular ini bahkan masuk ke dalam rumah penduduk.

Untuk itu perlu waspada agar warga tidak digigit ular berbisa.

Binatang melata ini tidak saja hanya masuk ke dalam rumah warga tetapi juga masuk ke rumah para pejabat negara.

Seperti kejadian Senin (10/2/2020) malam tadi seekor ular nyelonong masuk ke bagian halaman depan  Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Belitung.

Ular sanca berukuran panjang sekitar dua meter, ditemukan awalnya muncul dari pintu gerbang rumdin yang beralamatkan di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung tersebut.

Diduga ular Sanca aau dikenal masyarakat dengan Ular Sabak tersebut muncul dari selokan yang ada di depan rumdin tersebut.

Kemunculan ular ini ditemukan seorang petugas jaga dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, ketika sudah berada di bagian tengah halaman rumdin itu.

Saat berada dibagian halaman rumdin, ular itu terus mengarah ke bagian dakam  rumdin, sehingga membuat petugas jaga lantas menghubungi petugas Damkar, untuk melakukan menangkap ular tersebut.

"Iya kami di telepon rekan-rekan penjagaan disana, infonya ada ular, jadi kami langsung kesana. Kemungkinan dari selokan depan ular itu muncul," ungkap petugas Damkar BPBD Kabupaten Belitung Riko Pribadi kepada Posbelitung.co, selasa (11/2/2020).

Petugas Damkar BPBD Kabupaten Belitung, senin (10/2/2020) malam ketika menangkap ular sanca di halaman rumdin Bupati Belitung.
Petugas Damkar BPBD Kabupaten Belitung, senin (10/2/2020) malam ketika menangkap ular sanca di halaman rumdin Bupati Belitung. (Ist/dok riko pribadi)

Petugas Damkar menangkap ular itu, dengan menggunakan sepotong besi yang memiliki cabang. Besi tersebut, di manfaatkan untuk menahan bagian leher ular tersebut.

Apabila, bagian kepala ular sanca ini sudah tidak bergerak, maka petugas langsung menangkap tubuh ular tersebut. Selanjutnya ular ini dimasukan kedalam karung.

"Rekan - rekan yang nangkap semalam. Ular nya semalam langsung kami bawa ke hutan untuk di lepaskan ke alam liar," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Capt foto : Petugas Damkar BPBD Kabupaten Belitung, senin (10/2/2020) malam ketika menangkap ular sanca di halaman rumdin Bupati Belitung. Ist/dok riko pribadi

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved