KPU Bangka Belitung Waspadai Penyusup di Penyelenggara Pilkada

KPU Bangka Belitung meminta semua pihak untuk mencermati proses penjaringan struktur penyelenggara Pilkada dI tingkat kecamatan dan kelurahan/desa

tribunnews.com
Surat Suara 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- KPU Bangka Belitung meminta semua pihak untuk mencermati proses penjaringan struktur penyelenggara Pilkada dI tingkat kecamatan dan kelurahan/desa yang saat ini sedang berlangsung.

KPU khawatir ada orang partai politik dan tim sukses yang menyusup ke dalam penyelenggara.

Empat daerah pemekaran di Bangka Belitung akan menggelar Pilkada pada 2020 ini. Daerah tersebut yakni Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

Saat ini proses Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah selesai. Itu artinya anggaran segera dikucurkan oleh pemerintah daerah.

Ketua KPU Bangka Belitung, Davitri mengatakan saat ini penjaringan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang berlangsung. Dalam proses ini, Davitri beharap masyarakat dapat mengawalnya, selain KPU dan Bawaslu di daerah.

"Kami juga membuka ruang agar masyarakat memberi masukan, apakah nama yang kami umumkan, di web media kPU apakah ada terindikasi partai politik dan bagian menjadi sukses pasangan calon," kata Davitri, Sabtu (9/2).

Davitri mengatakan pihaknya melakukan pengecekan melalui Sipol (sistem informasi partai politik) terhadap para pelamar PPK. KPU Provinsi juga meminta KPU Kabupaten untuk meminta bantuan Bawaslu melakukan pengecekan anggota PPK dan PPS yang terkait partai politik dan timses pasangan calon.

"Saat ini belum ada, namun kalau ditemukan kita minta yang bersangkutan mengundurkan diri," katanya.

Dalam proses rekrutmen tersebut, ada dua daerah yang menggunakan sistem CAT dalam melakukan rekrutmen yakni Belitung Timur dan Bangka Barat. Sementara Bangka Selatan dan Bangka Tengah tidak menggunakan CAT, secara manual, ujian tertulis karena mempertimbangkan jumlah peserta.

Total Anggaran
Kabupaten Total Anggaran Tahun 2020
Bangka Barat Rp 16.028.444.000
Bangka Tengah Rp 18.224.870.000
Bangka Selatan Rp 18.929.942.000
Belitung Timur Rp 15.651.131.200

Penulis: Teddy M (tea)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved