Berita Pangkalpinang

MUI Bangka Belitung Adakan Pelatihan Auditor Halal Internal: Menuju Destinasi Kuliner Halal

LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung mengadakan Pelatihan Auditorial Halal Internal di Lantai 3 Kantor LPPOM MUI Babel Pangkalpinang,

MUI Bangka Belitung Adakan Pelatihan Auditor Halal Internal: Menuju Destinasi Kuliner Halal
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat Pelatihan Auditorial Halal Internal di Lantai 3 Kantor LPPOM MUI Babel Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung mengadakan Pelatihan Auditorial Halal Internal di Lantai 3 Kantor LPPOM MUI Babel Pangkalpinang, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya 6 Februari 2020, MUI Babel juga telah mangadakan pelatihan Auditor Halal Internal untuk para UKM dan Rumah makan yang berada di sekitar kantor LPPOM MUI Babel.

Pelatihan kali ini langsung dibuka oleh Direktur MUI Babel, Nardi Pratomo bersama Sekretaris Umum MUI Babel, Drs Ahmad Luthfi yang memberikan pelatihan kepada 20 peserta.

Perserta tersebut meliputi Kedai Stasiun, Katering Sriwijaya, Mosh, Jabrik, Aroma Laut, Aw Bakeri, Warung Gale-Gale serta ASN yang berperan juga pelaku UKM.

Sekretaris Umum MUI Babel, Ahmad Luthfi menerangkan terkait prinsip-prinsip tentang hukum halal dan haram bagi makanan dan minuman.

"Hal ini sangat penting untuk diketahui sehingga niat baik belum tentu hal ini menjadi baik maka harus di telurusi dari awal pembuatan sampai selesai pembuatan baik makanan dan minuman," ungkap Luthfi.

Setelah itu, peserta diberikan waktu untuk mengerjakan Pre Test terlebih dahulu, untuk mengetahui sejauh mana wawasan mereka mengenai LPPOM dan titik kritis bahan. 

Direktur LPPOM MUI Babel, Nardi Pratomo mengenai prospek sertifikat halal serta menerangkan mengenai sistem jaminan halal.

“Mereka nanti bertugas melaporkan kegiatan UKM yang berkaitan dengan sistem jaminan halal ke LPPOM MUI Babel serta sebagai penghubung antara UKM dengan LPPOM MUI Babel,"kata Nardi 

"Selanjutnya memiliki kemampuan memahami 11 kriteria sistem jaminan halal yakni kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan dan edukasi, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, kemampuan telusur, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, auditor internal, serta kaji ulang manajemen,” lanjutnya.

Nardi berharap dengan semakin bertambah banyaknya calon Auditor Halal Internal yang mengikuti pelatihan ini serta memahami sistem jaminan halal maka peserta mampu mengemplementasikan serta menyebarkan nilai-nilai sistem jaminan halal baik di tempat kerjanya sekarang maupun di seluruh masyarakat Babel.

Akhir dari acara ini ditutup dengan Post Test yang memberikan hasil dengan peningkatan nilai di setiap peserta.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved