Berita Pangkalpinang

Intensitas Hujan di Bangka Belitung Capai 50-150 mm per Februari Dasarian II 2020

Dia mengatakan intensitas tersebut masih dalam kategori menengah (50-150mm/dasarian).

Intensitas Hujan di Bangka Belitung Capai 50-150 mm per Februari Dasarian II 2020
Bangka Pos/Agus Nuryadhyn
Hujan yang terjadi pada siang, Rabu (28/8/2019) hampir merata di wilayah Pulau Bangka. Namun hujan yang turun tersebut, bukan merupakan hujan normal pada saat di musim penghujan. 

Intensitas Hujan di Babel Capai 50-150 mm per Februari Dasarian II 2020.

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Pertama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas IV Koba Bangka Tengah, Aflah membeberkan informasi mengenai intensitas hujan di Bangka Belitung pada bulan Februari Dasarian II 2020 (tanggal 11-20 Februari 2020) mencapai 50-150 mm.

"Intensitas 50-150 mm tersebut dengan peluang terjadi hujan 60-80% dan peluang terjadi hujan dibawah 50 mm sekitar 10-30%.  Ini data untuk prakiraan hujan berdasarkan hasil prakiraan hujan 10 harian ke depan yang di-update setiap dasarian,"ungkap Aflah saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (12/2/2020).

Dia mengatakan intensitas tersebut masih dalam kategori menengah (50-150mm/dasarian).

Sedangkan Pulau Belitung dengan peluang hujan kategori tinggi (151-300mm/dasarian) tepatnya di sebagian kecil wilayah Pulau Belitung bagian tengah.

Puncak Penghujan pada Februari dan Maret : Prakiraan Cuaca di Babel Hari Ini dan Dua Hari ke Depan

Pemkot Targetkan Dua Bulan untuk Penutupan Lokalisasi , Molen : Saya Enggak Main-main

Gubernur Erzaldi Benarkan Kabar Naziarto Terpilih Jadi Sekda Bangka Belitung

Data deterministik curah hujan di wilayah lainnya meliputi 50-75 mm/dasarian di wilayah sebagian kecil kabupaten Bangka bagian selatan dan utara, sebagian kecil kabupaten Bangka Tengah bagian timur, sebagian kecil kabupaten Bangka Selatan bagian barat dan selatan, serta sebagian kecil kabupaten Belitung bagian barat dan utara.

Curah hujan 75-100 mm/dasarian di wilayah sebagian besar kabupaten Bangka Barat, Bangka, Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan sebagian Belitung Timur.

Curah hujan 100-150 mm/dasarian di wilayah sebagian kabupaten Belitung Timur bagian tengah.

Secara normal untuk musim hujan di wilayah Bangka sendiri dimulai kisaran bulan Oktober awal sampai Mei akhir atau Juni.

"Untuk akhir musim hujan tahun ini nanti kami update lagi, karena untuk penentuan musim tahun ini baru akan diadakan rapat nasional du minggu kedepan, masih nunggu kesepakatan nasional,"tutupnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved