Ingat, Makan Jangan Sekadar Cari Kenyang!

Sehat berarti memiliki organ-organ tubuh yang bekerja optimal, badan berenergi, hingga memiliki suasana hati yang positif.

KOMPAS.com/Nabilla Tashandra
Pengunjung bisa menyaksikan demo masak menu makanan sehat yang tersedia di Sesa Experience Center, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

BANGKAPOS.COM - Semua orang pasti ingin sehat.

Namun, makna sehat sebenarnya bukan sekadar "tidak sakit".

Sehat berarti memiliki organ-organ tubuh yang bekerja optimal, badan berenergi, hingga memiliki suasana hati yang positif.

"Untuk sehat beneran kita harus memenuhi nutrisi. Otak perlu diberi makan agar biaa berpikir optimal. Banyak yang makan hanya kenyang dan enak saja."

Demikian diungkapkan Head of Healthy Team di Sesa Experience Center, Kartika Prasasti Ramadia pada pembukaan Sesa Experience Center di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

Kartika menambahkan, makanan yang kita konsumsi sehari-hari kebanyakan terlalu fokus pada makronutrien, terutama karbohidrat.

Padahal, tubuh memerlukan nutrisi seimbang, termasuk vitamin dan mineral.

Nutritionist di Sesa Experience Center, Putri Puncak Anjani mencontohkan telur, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta sumber probiotik seperti yogurt dan pickles (acar) sebagai beberapa sumber makanan kaya nutrisi.

Dianjurkan pula setiap pagi mengonsumsi lemon atau sari cuka apel untuk memperlancar pencernaan sehingga penyerapan makanan bisa lebih optimal.

"Porsi makan juga tidak boleh berlebih karena harus sesuai kebutuhan. Perempuan sekitar 1.500 kalori, laki-laki sekitar 2.000 kalori tergantung aktivitas," kata Putri.

Halaman
123
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved