Berita Pangkalpinang

Kalau Royalti Timah 10 Persen, Bangka Belitung Bisa Dapat Trilliunan Rupiah

untuk mewujudkan itu, artinya semua pihak harus bersama-sama komitmen untuk mendorong percepatan agar royalti meningkat di 2020

Kalau Royalti Timah 10 Persen, Bangka Belitung Bisa Dapat Trilliunan Rupiah
Bangkapos/Riki Pratama 
Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Provinsi Bangka Belitung, Supianto. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Pemerintah Provinsi Bangka Belitung hanya mendapatkan tiga persen dari royalti hasil produksi timah dari trend Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Dengan angka tersebut Plt Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung, Supianto, mengatakan masih sangat kurang, seharusnya Provinsi Babel royaltinya naik menjadi 10 persen, agar mampu menompang perekonomian di Bangka Belitung.

"Sebenarnya berdasarkan royalti tiap tahun royalti di angka ratusan milyar, dengan nilainya 3 persen, seandainya naik sampai 10 persen royalti dari komiditas timah bisa triliunan, coba bayangkan anggaranya bisa sama dengan APBD di dua Kabupaten,"jelas Supianto kepada wartawan, Kamis (13/2/2020) ditempat kerjanya.

Namun, untuk mewujudkan itu, artinya semua pihak harus bersama-sama komitmen untuk mendorong percepatan agar royalti meningkat di 2020.

"Kita berharapkan segera naik, karena dampaknya bisa mengurangi kesenjangan perekonomian di Babel. Terutama untuk aspek pemerataan pembangunan dan infrastruktur sehingga tranformasi yang menjadi unggulan cepat di realisasikan,"jelasnya.

Namun, ia menyadari untuk mewujudkan itu, perlu pertimbangan dan aturan dari Pemerintah Pusat, karena berkaitan dengan Kementrian.

"Tentunya menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) karena banyak pemangku kepentingan, yang mempunyai kepentingan, dari Kementrian Keuangan, Legislatif, DPR RI dan DPD dan perwakilan pemerintah di pusat harus lebih suport mendorong percepatan terkait peningkatkan royalti tersebut,"harapnya (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved